Efektivitas pendayagunaan dana zakat infak sedekah pada program Bbna desa nusantara di Lazisnu Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diopani, Angga (2024) Efektivitas pendayagunaan dana zakat infak sedekah pada program Bbna desa nusantara di Lazisnu Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Angga Diopani_08040520040.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Angga Diopani_08040520040_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab tentang bagaimana Efektivitas Pendayagunaan Dana Zakat Infak Sedekah Pada Program Bina Desa Nusantara Di Lazisnu Kabupaten Mojokerto dengan Faktor Pendukung dan penghambat efektivitas pendayagunaan dana zakat, infak dan sedekah pada program bina desa nusantara di Lazisnu Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yaitu dilakukan di Lembaga Amil Zakat Infak Dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang menjelaskan secara mendalam, terencana, terstruktur dan sistematis serta jelas dari awal hingga akhir melalui tahap pengumpulan data terstruktur. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendayagunaan dana zakat, infak dan sedekah pada program bina desa nusantara di LAZISNU Kabupaten Mojokerto memiliki peran untuk menanggulangi permasalahan ekonomi masyarakat yang kurang mampu di Kabupaten Mojokerto. Mengacu pada teori efektivitas program dari Subagyo, terdapat empat indikator yang dilakukan lembaga dan masuk kategori efektif yaitu: ketepatan sasaran dan tujuan program. Untuk kategori tidak efektif ada 2 indikator yaitu: sosialisasi program dan pemantauan program. Faktor relasi yang kuat oleh LAZISNU Kabupaten Mojokerto, terdiri dari pemerintahan, lembaga swasta, lembaga sosial, lembaga keagamaan, dunia usaha Kabupaten Mojokerto. Faktor kurang dalam SDM yang sangat terbatas, masing-masing divisi hanya dikoordinasi oleh satu orang tanpa anggota. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, adapun saran untuk penelitian ini yaitu dibutuhkan peningkatan profesionalitas dari sumber daya manusia program ekonomi, pelatihan, pembinaan serta penambahan sumber daya di bidang ekonomi yang sesuai dengan bidangnya guna untuk kelancaran dan pada ketepatan program sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diopani, AnggaAnggadio2001@gmail.com08040520040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsegaf, M. Maulanam.maulana@uinsby.ac.id2104098701
Subjects: Manajemen
Wakaf
Zakat
Keywords: Efektivitas; bina desa nusantara; LAZISNU
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Angga Diopani
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:36
Last Modified: 29 Aug 2024 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73022

Actions (login required)

View Item View Item