Implementasi program bantuan langsung tunai dana desa di Desa Datinawong Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arisa, Nur (2024) Implementasi program bantuan langsung tunai dana desa di Desa Datinawong Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Arisa_10040120091 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Arisa_10040120091 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi kebijakan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Datinawong Kabupaten Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Datinawong Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memahami dan menggambarkan fenomena yang diteliti secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik utama, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Van Meter dan Van Horn yang melihat keberhasilan dari implementasi kebijakan melalui 6 indikator yakni standar dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, komunikasi, sikap para pelaksana, dan lingkuan ekonomi, sosial, dan politik.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Datinawong bertujuan untuk membantu masyarakat tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kriteria penerima BLT DD mencakup masyarakat miskin, penderita penyakit menahun, masyarakat dengan keterbelakangan yang tidak termasuk dalam PKH, tidak menerima BPNT, dan bukan peserta Kartu Pra Kerja. Dana yang digunakan untuk program ini berasal dari 10% dana desa, namun jumlah tersebut dinilai masih kurang mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat penerima. Pelaksanaan program melibatkan perangkat desa, BPD, dan RT. Para implementator di Desa Datinawong telah terbukti memiliki kemampuan yang memadai dan kompeten dalam menjalankan program ini, serta mampu bekerja sama dengan baik dan saling mendukung. Proses komunikasi terkait program ini hanya dilakukan kepada masyarakat penerima saja, sehingga terdapat potensi ketidakmerataan sosialisasi program kepada seluruh masyarakat. Sikap para implementor yang kompeten tercermin dalam pemahaman yang baik terhadap tujuan program, serta penyaluran bantuan yang tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arisa, Nur10040120091@student.uinsby.ac.id10040120091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahmissholilah@gmail.com2018107602
Subjects: Kebijakan Publik
Keywords: Implementasi; Kebijakan; BLT DD
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nur Arisa
Date Deposited: 01 Sep 2024 10:20
Last Modified: 01 Sep 2024 10:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73077

Actions (login required)

View Item View Item