Konsep term al Shifa’ dalam al Qur'an perspektif Zaghlul al Najjar pada Tafsir al Ayat al Kauniyyah fi al Qur'an al Karim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Sukma Aulia (2024) Konsep term al Shifa’ dalam al Qur'an perspektif Zaghlul al Najjar pada Tafsir al Ayat al Kauniyyah fi al Qur'an al Karim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sukma Aulia Dewi_E73218071.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sukma Aulia Dewi_E73218071_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan dalam penelitian ini mengenai Term al-Shifa’ dalam Al-Qur’an perspektif Zaghlul al-Najjar pada Tafsir al-Ayat al-Kauniyyah fi Al-Qur’an al-Karim. Sebagian ulama memaknai al-Shifa’ hanya berada pada lingkup jasmani dan rohani, sedangkan Zaghlul al-Najjar dalam tafsirnya, memahami al-Shifa’ dengan pendekatan ilmiah, tepatnya yang bersinggungan dengan sains Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode telaah dokumen yang dipaparkan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research yang data primernya diambil melalui kitabnya secara langsung yaitu Tafsir al-Ayat al-Kauniyyah fi Al-Qur’an al-Karim, lalu kitab-kitab tafsir lainnya sebagai data sekunder. Kesimpulannya, proses lebah menghasilkan madu adalah sebagai bentuk "shifa'" bagi manusia. Lebah pencari, bertugas mencari sari-sari bunga, setelah menemukan, lebah itu akan memanggil lebah lain yang bertugas mengumpulkan sari. Kemudian saat sari dikumpulkan, lebah pengunyah bertugas mengunyah sari-sari lalu lebah pekerja meletakkan kunyahan-kunyahan itu di sarangnya. Setelah itu, lebah pekerja akan mengeluarkan zat lilin untuk memoles produksi kunyahan tersebut agar terlindungi. Namun, lebah tidak hanya menghasilkan madu saja, tetapi juga jelly, royal, lilin, dan racun. Semua kandungan yang dihasilkan lebah ini, bisa menjadi obat dari segala penyakit. Pandangan bahwa lebah tidak hanya menghasilkan madu saja itu baru muncul pada abad 19-20, sehingga para ilmuwan sebelum itu masih menilai lebah hanya menghasilkan madu saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Sukma Auliasukmaauliad@gmail.comE73218071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com2004047303
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir; term al-Shifa'; sains al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Sukma Dewi
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:12
Last Modified: 27 Aug 2024 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73080

Actions (login required)

View Item View Item