Upaya perempuan dalam mengatasi kemiskinan melalui peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Anyaman Bambu di Desa Kedungati Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Enis, Afairur Rizqi Setya (2024) Upaya perempuan dalam mengatasi kemiskinan melalui peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Anyaman Bambu di Desa Kedungati Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afairur Rizqi Setya Enis_I03219003 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Afairur Rizqi Setya Enis_I03219003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji Upaya Perempuan Dalam Mengatasi Kemiskinan Melalui Peningkatan Kapasitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Anyaman Bambu Di Desa Kedungati Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Fokus penelitian ini adalah bagaimana masyarakat perempuan mengatasi kemiskinan melalui UMKM anyaman bambu.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi.Peneliti menggunakan sampel bertujuan ataupurposive sampling, yakni masyarakat perempuan yang berhubungan dengan penelitian ini. Penggalian data pada penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara,serta dokumentasi. Data yang diperoleh akan dikelola melalui reduksi data, serta menarik kesimpulan. Sebagai upaya memperoleh keabsahan data,peneliti menggunakan triangulasi di tahap keabsahan data, dengan menggunakan tinjauanteoriPilihan Rasional, James S. Coleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan potensi sumber daya anyaman bambu mendapatkankepala desa atas produk unggulan yang menyandang brand desa atau lambang desa Kedungjati khususnya dusun Tempuran tersebut sebagai daya tarik masyarakat umum untuk peningkatan ekonomi rakyat. Tentu warga desa yang memiliki usaha kerajinan Anyam Bambu sangat mendukung karena ketika diberikan izin usaha dan merek dagang. Adapun upaya dalam peningkatan kapasitas UMKM anyaman bambu tersebut yaitu dengan memberikan program pelatihan inovasi dan kreativitas bagi masyarakat pengrajin, pembentukan kelompok kerja serta dukungan pemasaran dari pemerintah setempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Enis, Afairur Rizqi Setyaafairurrizqi@gmail.comI03219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahfisip0103@gmail.com2001037701
Subjects: Masyarakat
Sumber Daya Manusia
Sosiologi
Keywords: Upaya Perempuan; Kemiskinan; UMKM.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Afairur Rizqi Setya Enis
Date Deposited: 01 Sep 2024 14:02
Last Modified: 01 Sep 2024 14:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73087

Actions (login required)

View Item View Item