Penguatan karakter peserta didik melalui P5 (projek penguatan profil pelajar pancasila) di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dan P5 PPRA (profil pelajar rahmatan lil alamin) di MAN Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Dhuhrotul (2024) Penguatan karakter peserta didik melalui P5 (projek penguatan profil pelajar pancasila) di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dan P5 PPRA (profil pelajar rahmatan lil alamin) di MAN Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhuhrotul Khoiriyah_02040822018 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dhuhrotul Khoiriyah_02040822018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (6MB)

Abstract

Kurikulum yang diterapkan dengan baik dapat menentukan keberhasilan Lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Kurikulum merdeka saat ini memandang bahwa peserta didik sebagai anak yang mampu mengenali potensinya secara mandiri. Sehingga peran guru sebagai fasilitator semata. Dilengkapinya kurikulum merdeka dengan kegiatan P5 dan P5 PPRA berharap dapat menjawab tantangan abad ke-21. Berbagai permasalahan seperti adanya ancaman disintegrasi, konflik horizontal, pertentangan antar kelompok agama dan suku, penistaan terhadap kelompok tertentu, korupsi, aksi terorisme menyebabkan komitmen kebangsaan, pemahaman dan penerapan nilai pancasila serta substansi Islam rahmatan lil alamin harus menjadi prioritas utama dalam penguatan karakter peserta didik. Hal demikian, selaras dengan ditemukannya beberapa peserta didik kelas X-XI menunjukkan perkembangan karakter yang berbeda dengan kelas XII sebagai produk kurikulum 2013. Kesenjangan karakter peserta didik yang dimaksud seperti sikap dalam menghormati bapak/ibu pendidik, bertoleransi dengan teman, mentaati tata tertib, dll. Sehingga tujuan penelitian ini ingin mengetahui penguatan karakter peserta didik melalui kegiatan P5 di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dan P5 PPRA di MAN Sidoarjo. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yakni dengan mengumpulkan data dari wawancara dengan narasumber, observasi juga dokumentasi. Dalam penelitian ini memberikan informasi baru bahwa penguatan karakter peserta didik melalui kegiatan P5 dan P5 PPRA meliputi desain, implementasi dan implikasi. Adanya implikasi positif dari penguatan karakter tersebut tidak dipungkiri pelanggaran akan tetap ada. Sehingga mengharuskan sinergi yang baik antara bapak/ibu guru, tata tertib juga kesiswaan. Dari temuan ini menawarkan informasi baru tentang inovasi penguatan karakter peserta didik yang dapat diterapkan ditingkat pendidikan SMA/MA/SMK se-derajat melalui kegiatan P5 dan P5 PPRA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Dhuhrotuldhuhrotulkh@gmail.com02040822018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Kurikulum
Keywords: Kurikulum; Projek; Karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoiriyah Dhuhrotul
Date Deposited: 05 Sep 2024 11:48
Last Modified: 05 Sep 2024 11:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73088

Actions (login required)

View Item View Item