Implementasi pembiasaan toilet training untuk melatih kemandirian anak di KB-RA Masjid al Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lazim, Afifah Nur (2024) Implementasi pembiasaan toilet training untuk melatih kemandirian anak di KB-RA Masjid al Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel.

[img] Text
Afifah Nur Fauziah_06020920012.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Afifah Nur Fauziah_06020920012_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Toilet training secara umum dapat dilaksanakan pada setiap anak yang sudah mulai memasuki fase kemandirian anak. Pembiasan toilet training perlu diajarkan dan dilatihkan sedini mungkin.Perkembangan keterampilan toilet training pada anak terdapat hubungan antar pendidikan, pengetahuan, dan pekerjaan orang tua dengan ketrampilan toilet training pada anak kemudian tidak terdapat antara umur dan pelatihan kemampuan toilet untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembiasaan toilet training untuk melatih kemandirian anak di KB-RA Masjid Al-Akbar Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil peneliti menunjukkan bahwa pembiasaan toilet training yang konsisten dan berkesinambungan dapat membantu anak mengembangkan kemampuan untuk mengontrol kandung kemih dan menggunakan toilet dengan benar. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembiasaan toilet training pada anak usia Pra-sekolah sangat penting dalam meningkatkan kemandirian anak. Kolaborasi antara orang tua dan guru dalam melaksanakan toilet training menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pengembangan potensi anak pada tahap perkembangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lazim, Afifah Nurafifaheneff@gmail.com06020920012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorImam, Syafi'iimamsyafii.iwa@gmail.com19701120200031002
Thesis advisorQudus, Novandri Eko Sucipto Dwijo Al--197311162007101001
Subjects: Pendidikan > Anak
Keywords: Pembiasaan; toilet training; kemandirian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Afifah Nur Fauziah
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:34
Last Modified: 02 Sep 2024 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73117

Actions (login required)

View Item View Item