Pengaruh bibliotherapy tentang birrulwalidain untuk mengatasi akhlak madzmumah remaja di Sugihwaras Deket Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Nurul Azifatul (2024) Pengaruh bibliotherapy tentang birrulwalidain untuk mengatasi akhlak madzmumah remaja di Sugihwaras Deket Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Azifatul Mufidah_04040320102 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Nurul Azifatul Mufidah_04040320102.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perilaku seperti berkata kasar, menggertak, menghardik, mencaci maki, melaknat terhadap orangtua dan lain sebagainya mencerminkan kurangnya pengendalian diri dan kekurangan akhlak pada tingkat individu, tetapi juga dapat memberikan pengaruh negatif pada kertkaitan antaran anak dan orangtua. Melihat kasus diatas maka peneliti mengambil fokus permasalahan pada bagaimana proses dan pengaruh bibliotherapy terhadap birrulwalidain untuk mengatasi akhlak madzmumah remaja terhadap orangtua diwilayah Sugihwaras Deket Lamongan. Adapun dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode SSR (Single Subject Research) dan desain A-B-A. Subjek yang diteliti yakni seorang remaja akhir atau dewasa awal berumur 22 tahun. Proses yang dilakukan dalam penelitian pada Baseline A1 dilakukan identifikasi masalah, prognosis, dan diagnosis untuk permasalahan subjek, setelah itu diberikan intervensi B atau treatment untuk mengurangi permasalahan yang didapat pada Baseline A1. Intervensi yang dilakukan meliputi tahapan dalam bibliotherapy seperti motivasi, pemilihan bahan bacaan, diskusi atau refleksi, pemberian tugas atau latihan guna memaksimalkan hasil teratmen, dan yang terakhir yakni follow-up atau penutup. Pada tahap Baseline A2 peneliti mengambil kesimpulan dari hasil intervensi yang diberikan. Dari hasil akhir diketahui bahwa persentase overlap yang diperoleh adalah 0% yang artinya semakin kecil persentase overlap maka intervensi memiliki pengaruh yang baik terhadap target. Maka dalam penelitian ini bibliotherapy tentang birrulwalidain memiliki pengaruh terhadap akhlak madzmumah pada orangtua yang dilakukan oleh subjek. Dengan demikian H1 diterima, dan H0 ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Nurul Azifatulnurulazifa286@gmail.com04050320102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd-2001096001
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Bimbingan Konseling
Remaja
Keywords: Bibliotherapy; birrulwalidain; akhlak madzmumah; remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Azifatul Mufidah
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:04
Last Modified: 13 Sep 2024 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73125

Actions (login required)

View Item View Item