Pengaruh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap prestasi Siswa di SDN Karangbong I Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muqtafi, Afwan (2009) Pengaruh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap prestasi Siswa di SDN Karangbong I Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afwan Muqtafi_D01303155.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlangsung selama tiga bulan (Desember 2008 – Pebruari 2009) di SDN Karangbong I Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 220 siswa. Dari 220 polulasi diambil sampel kelas VI sebanyak 39 siswa dengan teknik purposive sample (sampel bertujuan). Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan observasi sebagai alat pengumpul data primer serta metode angket dan wawancara sebagai alat pengumpul data sekunder. Sedangkan instrumen penelitian dari metode dokumentasi berupa daftar ceklis dan metode angket berupa daftar pertanyaan serta instrumen metode wawancara berupa pedoman wawancara. Metode dokumentasi dan observasi sebagai alat pengumpul data primer digunakan untuk menggali data tentang KTSP dan Prestasi Siswa. Sumber datanya berupa dokumen KTSP, Buku Nilai dan kegiatan pembelajaran. Metode angket dan wawancara sebagai alat pengumpul data sekunder digunakan untuk menggali data yang belum terekam dalam metode dokumentasi dan metode observasi. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode deskriptif adalah metode yang berupa paparan atas pernyataan yang sedang diteliti dan pada saat penelitian sedang berlangsung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis sesuai dengan jenis datanya. Data tentang pelaksanaan KTSP dan prestasi siswa dianalisis dengan teknik analisis data berupa prosentase. Setelah disusun dalam tabel prosentase, data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis data berupa chi-kuadrat. Teknik ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi (pengaruh). Langkah yang terakhir adalah mengkonsultasikan dengan dengan tabel chi-kuadrat. Teknik ini dilakukan untuk mengetahui menguji hipotesis, diterima atau ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan KTSP di SDN Karangbong I termasuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti bahwa dari 39 respondent, 22 atau 57% memberikan jawaban baik (tinggi) dan 17 responden atau 43% memberikan jawaban rendah. Prestasi siswa SDN Karangbong I termasuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti bahwa dari 39 responden, 23 atau 59% memiliki prestasi tinggi dan 16 responden atau 41% memiliki prestasi rendah. Ada pengaruh KTSP terhadap prestasi siswa SDN Karangbong I. Hal ini terbukti bahwa hasil analisis data menunjukkan nilai X2 o sebesar 0,409059 sedangkan nilai X2 t dalam taraf kepercayaan 5% sebesar 0,352 dan pada taraf kepercayaan 1% sebesar 0,115. dengan demikian pada taraf kepercayaan 5% dan taraf kepercayaan 1%, Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat pengaruh pelaksanaan KTSP terhadap prestasi siswa SDN Karangbong I.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muqtafi, AfwanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Kurikulum; KTSP; Hasil Belajar; Prestasi Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 01 Jul 2019 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7315

Actions (login required)

View Item View Item