Emotional intelligence guru TPQ yang menggunakan pembelajaran online

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Novi Permata (2023) Emotional intelligence guru TPQ yang menggunakan pembelajaran online. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Permata Sari_J71216122 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Novi Permata Sari_J71216122 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran online telah menjadi tren dalam dunia pendidikan modern, terutama dalam konteks pandemi global seperti COVID-19. Pembelajaran online yang berbasis pada penggunaan teknologi canggih harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia yang tinggi, termasuk salah satunya adalah dengan emotional intelligence (EI) dalam konteks proses kegiatan belajar- mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pokok permasalahan; pertama, untuk memberikan gambaran tentang bagaimana Emotional Intelligence guru TPQ Kids Kelas Online Albata Surabaya yang menggunakan sistem pembelajaran online. Kedua, untuk menjelaskan faktor apa saja yang membentuk dan mendukung perkembangan EI mereka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, yang dibantu dengan teknik pengumpulan data berupawawancara. Penelitian ini melibatkan 4 informan yang sesuai kriteria, yaitu 4 orangguru TPQ Kids Kelas Online Albata Surabaya yang telah terkualifikasi sebagai gurukompeten. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala pengukuran yang terdiri dari beberapa dimensi Emotional Intelligence, seperti pengenalan emosi, pengelolaan emosi, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa keempat informan memiliki gambaran EI yang relatif sama, yakni sama-sama dapat mengatasi rasa cemas ketika hendak mulai mengajar.Seluruh informan cenderung dapat membangun hubungan positif dengan murid danmenciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Sedangkan faktor pendukung perkembangan emotional intelligence pada empat informan adalah keluarga, masyarakat dan sugesti diri. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan EI bagi para guru, khususnya yang menggunakan sistem pembelajaran online. Diperlukan pelatihan dan pendekatan yang sesuai untukmembantu guru meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenali, mengelola, dan mengungkapkan emosi dengan baik. Dengan begitu, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran online yang positif dan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran secara keseluruhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Novi Permatanovixpermata@gmail.comJ71216122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJainudin, Jainudinjainudin1962@yahoo.com2008056201
Subjects: Psikologi Islam
Psikologi Sosial
Keywords: Emotional Intelligence; Guru; Pembelajaran Online.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Novi Permata Sari
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:52
Last Modified: 12 Sep 2024 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73168

Actions (login required)

View Item View Item