Pengaruh faktor-faktor eksternal terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia selama tiga dekade

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irawan, Mayang Wangi Sukma (2024) Pengaruh faktor-faktor eksternal terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia selama tiga dekade. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mayang Wangi Sukma Irawan_08020120048 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mayang Wangi Sukma Irawan_08020120048 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan data sekunder dalam bentuk data runtut data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Analisis data menggunakan metode Error Correction Model (ECM) yang terdiri dari uji stasioner, uji kointegrasi, dan analisis jangka panjang dan jangka pendek. Penelitian ini juga menguji dengan Uji Asumsi Klasik. Berdasarkan hasil analisis, maka hasil dari penelitian ini dalam jangka panjang model dapat menjelaskan keragaman dari variabel utang luar negeri (X1), impor (X2), inflasi (X3), dan remitansi (X4) sebesar 79% sedangkan dalam jangka pendek sebesar 90%. Kemudian, pengaruh tiap variabel secara parsial yaitu utang luar negeri dalam jangka panjang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 1990-2022 sedangkan dalam jangka pendek utang luar negeri berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 1990-2022. Impor dalam jangka panjang dan jangka pendek berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 1990-2022. Inflasi dalam jangka panjang dan jangka pendek berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 1990-2022. Remitansi dalam jangka panjang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi sedangkan dalam jangka pendek remintansi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 1990-2022. Bagi pemerintah hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan Makro Ekonomi khususnya yang berkaitan dengan faktor-faktor eksternal ekonomi dalam upaya mempertahankan kestabilan pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa krisis perekonomian global pada tahun-tahun berikutnya serta diharapkan mampu menjadi pertimbangan dalam perumusan kebijakan dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan memenangkan persaingan dalam kompetisi global.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irawan, Mayang Wangi Sukmamayangwangi15@gmail.com08020120048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansur, Ahmadamansur.uinsa@gmail.com2024097101
Subjects: Ekonomi
Indonesia
Keywords: Utang Luar Negeri; Impor; Inflasi; Remitansi; Pertumbuhan Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mayang Wangi Sukma Irawan
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:31
Last Modified: 23 Sep 2024 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73180

Actions (login required)

View Item View Item