Pengaruh transparansi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan sistem informasi akuntansi terhadap pengelolaan dana desa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Erina Fazia Rotul (2024) Pengaruh transparansi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan sistem informasi akuntansi terhadap pengelolaan dana desa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erina Fazia Rotul Ummah_08010220012.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Erina Fazia Rotul Ummah_08010220012_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah desa harus mampu mengelola dana desa dengan baik. harapannya, semakin baik pengelolaan dana desa semakin meningkatkan tingkat transparansi, akuntabilias dalam pengelolaan dana desa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh transparansi, akuntabilitas, partisispasi masyarakat dan sistem informasi akuntansi terhadap pengelolaan dana desa. Sampel penelitian ini adalah kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, kaur pelayanan dan umum, kasi pemerintahan, kasi kesejahteraan, kepala dusun, ketua BPD dan ketua LPMD dengan jumlah 213 responden yang tersebar di 24 desa wilayah kecamatan candi yang berpartisipasi dalam penelitian. Teknik analisis penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan taraf signifikan 5% menggunakan software SPSS 26. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan sistem informasi akuntansi mampu mempengaruhi pengelolaan dana desa. Sementara transparansi tidak mampu mempengaruhi pengelolaan dana desa. Dan berdasarkan nilai uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan kemampuan variabel independen mampu menjelaskan dalam variabel dependen sebesar 75,5%. Sementara itu, 24,5% sisanya (100% - 75,5%) dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan rekomendasi pada penelitian selanjutnya Diharapkan bahwa dengan memperluas cakupan sampel, penelitian ini bisa mencakup lebih banyak pemerintah desa di seluruh Indonesia. Dengan cara ini, diharapkan penelitian yang lebih luas dapat memberikan kesimpulan yang lebih umum dan dapat diterapkan secara lebih luas. Bagi pemerintah desa untuk lebih meningkatkan akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan sistem informasi akuntansi dalam pengelolaan dana desa. Selain itu, penting bagi pemerintah desa untuk terus mempertahankan komitmen dalam memperkuat akuntabilitas dan melibatkan masyarakat lebih aktif dalam proses pengelolaan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Erina Fazia Rotulfaziaerina@gmail.com08010220012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunjunan, Mochammad Ilyasmij@uinsa.ac.id2030039303
Subjects: Akuntansi
Keywords: Transparansi; akuntabilitas; partisipasi masyarakat; sistem informasi akuntansi; pengelolaan dana desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Erina Fazia Rotul Ummah
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:48
Last Modified: 03 Sep 2024 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73215

Actions (login required)

View Item View Item