Pengaruh promosi terhadap impulse buying melalui positive emotion sebagai variabel mediasi dengan etika konsumsi islam sebagai variabel moderasi pada konsumen muslim shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nawaratallah, Aisyah (2024) Pengaruh promosi terhadap impulse buying melalui positive emotion sebagai variabel mediasi dengan etika konsumsi islam sebagai variabel moderasi pada konsumen muslim shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Nawaratallah_08040420092.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aisyah Nawaratallah_08040420092_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan penggunaan internet mengakibatkan bertambahnya online shope atau marketplace. Shopee sendiri merupakan marketplace yang paling tinggi peminatnya. Live streaming memiliki peran penting guna memaksimalkan penjualan. Pada saat live streaming yang diadakan oleh Shopee ada beberapa promosi yang ditawarkan. Oleh karena itu semakin banyak promosi yang ditawarkan oleh Shopee saat live, maka akan mampu meningkatkan positive emotion konsumen yang akan melakukan pembelian impulse buying. Berlandaskan penelitian ini peneliti berminat mengadakan penelitian agar mengetahui tingkat promosi, positive emotion, impulse buying dan etika konsumsi Islam pada e-commerce shopee ketika munculnya fitur Shopee Live oleh pemakai shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh promosi terhadap impulse buying saat dimediasi oleh positive emotion dan di moderasi oleh etika konsumsi islam pada konsumen muslim Shopee. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah dari sumber data sekunder dan primer yang diperoleh dari instrumen penelitian berupa kuisioner yang diisi oleh responden yang menyebarkan kuesioner secara online kepada konsumen muslim Shopee. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 165 responden yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian yang diperoleh promosi berpengaruh signifikan terhadap positive emotion pada konsumen muslim Shopee yang menggunakan live streaming. Promosi berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada konsumen muslim Shopee yang menggunakan live streaming. Positive emotion berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada konsumen muslim Shopee yang menggunakan live streaming. Kemudian etika konsumsi islam tidak mampu memoderasi positive emotion terhadap impulse buying pada konsumen muslim Shopee yang menggunakan live streaming. Sedangkan positive emotion mampu memediasi pengaruh promosi terhadap impulse buying pada konsumen muslim Shopee yang menggunakan live streaming. Penelitian ini memberikan saran kepada perusahaan diharapkan mampu mencapai keseimbangan yang efektif dalam strategi promosi dengan memanfaatkan faktor-faktor lainnya untuk memberikan dampak yang signifikan, seperti Shopee dapat meningkatkan kualitas promosi sehingga dapat menarik pelanggan, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nawaratallah, Aisyahaisyahnawa28@gmail.com08040420092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWicaksono, Rianto Anugerahriantoanugerah@uinsby.ac.id198508222019031011
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Keywords: Promosi; impulse buying; positive emotion; etika konsumsi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aisyah Nawaratallah
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:17
Last Modified: 03 Sep 2024 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73230

Actions (login required)

View Item View Item