Pengaruh persepsi financial literacy, financial attitude dan locus of control internal terhadap perencanaan dana pensiun: studi pada masyarakat generasi milenial di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pristianto, Alfian (2024) Pengaruh persepsi financial literacy, financial attitude dan locus of control internal terhadap perencanaan dana pensiun: studi pada masyarakat generasi milenial di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfian Pristianto_G93219065.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfian Pristianto_G93219065_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Masa pensiun adalah fase transisi di mana seseorang beralih dari bekerja menjadi tidak bekerja. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan masa pensiun dengan matang, terutama dalam hal keuangan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi financial literacy, financial attitude dan locus of control internal terhadap perencanaan dana pensiun (studi pada masyarakat generasi milenial di surabaya). Jenis penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif dengan data yang berjenis data utama (primer) yang digunakan memiliki asal dari kuesioner dengan memakai skala likert dengan skala yakni antara 1-5 yang memiliki nilai positive serta terdapat jumlah dari sampel yang digunakan adalah sebesar 100 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 26 dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda.Dari proses olah data, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa financial literacy, financial attitude, dan locus of control internal berpengaruh secara simultan terhadap perencanaan dana pensiun pada masyarakat generasi milenial di Surabaya. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan variabel financial literacy, financial attitude, dan locus of control internal masing-masing akan berkontribusi pada perbaikan perencanaan keuangan untuk masa pensiun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pristianto, Alfianalfianpristianto95@gmail.comG93219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.id2028128301
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id198612132019032009
Subjects: Investasi
Keywords: Financial literacy; financial attitude; locus of control internal; perencanaan dana pensiun
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Alfian Alfian Pristianto
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:13
Last Modified: 03 Sep 2024 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73235

Actions (login required)

View Item View Item