Masyarakat Samin dalam pemilu: studi kualitatif perilaku memilih masyarakat Samin pada Pemilu legislatif tahun 2024 di Dusun Jepang Kec. Margomulyo Kab. Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhillah, Nur (2024) Masyarakat Samin dalam pemilu: studi kualitatif perilaku memilih masyarakat Samin pada Pemilu legislatif tahun 2024 di Dusun Jepang Kec. Margomulyo Kab. Bojonegoro. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel.

[img] Text
Nur Fadhillah_10020120058 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Nur Fadhillah_10020120058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana perilaku memilih masyarakat Samin Dusun Jepang, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro dalam pemilu legislatif tahun 2024. Masyarakat Samin merupakan komunitas yang tersebar di beberapa wilayah salah satunya di Dusun Jepang, Kabupaten Bojonegoro. Komunitas ini memiliki ajaran yang saat ini masih menjadi pedoman hidup mereka yakni 1. Laku jujur,sabar, trokal lan nrimo (Bersifat jujur, sabar, tetep berusaha, dan menerima takdir) 2. Ojo dengki, srei, dahwen kemeren, pekpinek barange liyan (Jangan memiliki sifat iri dengki, rasa keinginan memiliki dan mengambil hak orang lain) 3.Ojo mbedo mbedone sapodo padaning urep , kabeh iku sedulure dewe (Jangan membeda-beda kan manusia yang hidup, semua manusia itu adalah keluarga) 4. Ojo waton omong, omong sing nganggo waton (Jangan hanya bisa bicara tapi harus bisa membuktikan) 5. Biso roso rumongso (Bisa merasa). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah mendeksripsikan ikatan emosional pemilih masyarakat Samin terhadap satu partai dan kandidat tertentu. Teori yang digunakan teori perilaku pemilih melalui pendekatan dari teori Afan Gaffar yaitu Mazhab Columbia atau pendekatan sosiologis, Mazhab Michigan atau pendekatan psikologis, dan Teori Andrew Heywood model ideologi dominan. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah perilaku memilih masyarakat Samin dalam pemilu legislatif tahun 2024 tergolong dalam pendekatan psikologis. Masyarakat cenderung memilih berdasarkan adanya rasa keterikatan terhadap partai tanpa adanya iming-iming berupa uang, sembako, atau jabatan politik. Ajaran Samin turut menjadi pedoman masyarakat dalam memilih, mereka beranggapan bahwa pemimpin harus memiliki sifat yang jujur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhillah, Nurnurfadhill4h@gmail.com10020120058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Moh IlyasUNSPECIFIED1977041820110111007
Subjects: Perilaku
Pemilihan Umum
Keywords: Perilaku memilih; Samin; Pemilu Legislatif
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nur Fadhillah
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:39
Last Modified: 04 Sep 2024 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73247

Actions (login required)

View Item View Item