Strategi komunikasi dakwah ranting NU Klatakan dalam membangun moderasi beragama di Desa Klatakan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Indah Budi (2023) Strategi komunikasi dakwah ranting NU Klatakan dalam membangun moderasi beragama di Desa Klatakan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Budi Utami_B91216089 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Indah Budi Utami_B91216089 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Desa Klatakan merupakan wilayah perbatasan antara Tanggul dan Bangsalsari, Kabupaten Jember, keunikan desa tersebut ialah ragam etnisnya yang bergumul di dalamnya. semisal, dari etnis Madura, Jawa dan juga etnis Sunda. Selain itu, terdapat juga perbedaan budaya, bahasa, bahkan juga keyakinan. Oleh sebab itu, menanamkan sikap moderat pada masyarakat Desa Klatakan menjadi perihal yang sangat penting demi terwujudnya kehidupan damai. Dalam mewujudkan situasai kondusif dengan menciptakan sebuah kondisi damai yang saling menghargai terdapat organisasi NU di wilayah Klatakan nimbrung menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di desa tersebut. Realitas di atas mendorong penulis untuk meneliti tentang aspek strategi komunikasi tokoh NU dalam menanamkan nilai-nilai moderasi terhadap penduduk yang ada di desa Klatakan. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana strategi komunikasi dakwah pengurus NU ranting Klatakan dengan masyarakat dalam membangun moderasi beragama di desa Klatakan? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dan bertujuan mendeskripsikan dan menggambarkan strategi komunikasi tokoh NU Ranting Klatakan dalam membangun moderasi beragama. Sedangkan pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, strategi komunikasi dakwah pengurus NU Ranting Klatakan dengan masyarakat dalam membangun moderasi beragama ialah berkolaborasi dengan semua unsur stakeholder, dan menjadikan acara-acara seremonial kemasyarakatan dan lembaga-lembanga pendidikan sebagai wadah eksplorasi edukasi tentang moderasi beragama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, Indah Budiindahbudiutami100@gmail.comB91216089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlaihi, Wahyuwahyu.ilaihi@uinsby.ac.id2002047802
Subjects: Komunikasi Islam
Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Ranting NU; Moderasi Beragama; Klatakan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Indah Budi Utami
Date Deposited: 05 Sep 2024 11:54
Last Modified: 05 Sep 2024 11:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73259

Actions (login required)

View Item View Item