Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbasis media wizer.me untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Anggun (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbasis media wizer.me untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggun Amelia_06010420003 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (9MB)
[img] Text
Anggun Amelia_06010420003.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan untuk menyampaikan dan menjelaskan informasi matematis dari satu orang ke orang lain. Hal tersebut dapat tercapai dengan membuat perangkat pembelajaran yang di dalamnya menuntut adanya komunikasi matematis. Oleh sebab itu penulis ingin mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berabantuan media Wizer.me yang dapat melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran model kooperatif tipe TGT berbantuan media Wizer.me untuk melatihkan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan, dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dihasilkan berupa modul ajar dan E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik). Modul ajar dikembangkan mengacu pada model kooperatif tipe TGT. Sedangkan E-LKPD dikembangkan melalui media Wizer.me. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas VII-G UPT SMP Negeri 16 Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, teknik validasi, teknik angket dan teknik tes. Data yang diperoleh tersebut akan dianalisis menggunakan analisis proses pengembangan dengan catatan lapangan, analisis kevalidan dengan lembar validasi, dan analisis kepraktisan dengan lembar validasi dan angket respons siswa, serta analisis keefektifan dengan hasil tes komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pada proses pengembangan, pada tahap analisis didapatkan data mengenai perangkat pembelajaran yang digunakan, didapatkan bahwa guru masih menggunakan pembelajaran langsung, kurikulum yang digunakan pada UPT SMPN 16 Gresik adalah kurikulum merdeka dan mengenai materi adalah luas permukaan prisma dan limas. 2) kevalidan perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan validitas modul ajar sebesar 4,18 dan E-LKPD sebesar 4,30. 3) kepraktisan perangkat pembelajaran (a) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis secara teori dengan nilai kepraktisan modul ajar sebesar 4,22 dan E-LKPD sebesar 4,27 sehingga memenuhi pada kategori A, (b) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis secara praktik oleh persentase hasil respons siswa sebesar 97% dengan kriteria sangat baik. (3) keefektifan perangkat pembelajaran dinyatakan efektif melalui rata-rata hasil tes sebesar 87,08 dengan kategori baik sekali dan persentase ketuntasan klasikal lebih dari 75% yaitu sebesar 83%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Anggunanggunaml12@gmail.com06010420003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agussugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorYudi, Usmanusmanyudiwildan@gmail.com2024016501
Subjects: Belajar
Komunikasi
Matematika
Keywords: Pembelajaran; Matematika; model kooperatif; Team Games Tournament (TGT); kemampuan komunikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anggun Amelia
Date Deposited: 03 Sep 2024 13:45
Last Modified: 03 Sep 2024 13:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73267

Actions (login required)

View Item View Item