Falsafah Jawa dan pemaknaan simbol-simbol al-qur’an dalam tafsir Achmad Chodjim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haq, Analia Millah Audina (2024) Falsafah Jawa dan pemaknaan simbol-simbol al-qur’an dalam tafsir Achmad Chodjim. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Analia Millah Audina Haq_02040521011 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Analia Millah Audina Haq_02040521011 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Upaya membumikan Al-Qur’an di Indonesia, khususnya di Jawa, dilakukan oleh ulama dan akademisi dari generasi ke generasi. Hal itu bisa dilihat dari bahasa yang digunakan, penggunaan aksara, serta muatan di dalamnya. Salah satunya adalah tafsir Al-Qur’an dengan nuansa falsafah Jawa. Diketahui, Falsafah Jawa sudah lahir sebelum ajara Islam datang. Sehingga ketika Islam datang dengan ramah, falsafah Jawa ikut mewarnai ajaran Islam. Falsafah Jawa lahir di kalangan penganut Jawa. Mereka tidak menolaknya akan tetapi mencocokkan ajaran melalui falsafah yang mereka amalkan dengan ajaran Islam. Maka, beberapa orang yang masih lekat dengan falsafah Jawa manafsirkan ajaran agama Islam (Al-Qur’an) dengan ajaran tersebut. Buku Tafsir Mutakhir 3 Surah Terakhir karya Achmad Chodjim yang sedang diteliti ini salah satu buku tafsir Al-Qur’an dengan muatan falsafah Jawa yang sangat kental. Ajaran-ajaran dari nilai-nilai Jawa ini tertuang dalam tafsir tersebut, baik secara implisit maupun eksplisit. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui falsafah Jawa serta pemaknaan simbol-simbol al-Qur’an dalam buku Tafsir Mutakhir 3 Surat Terakhir dengan menggunakan pendekatan semiotika Ferdinand De Saussure, yang dirumusakan dalam dua rumusan masalah berikut: (1) Bagaimana Achmad Chodjim menggunakan falsafah Jawa? (2) Bagaimana analisis penggunaan falsafah Jawa dan pemaknaan simbol-simbol al-Qur’an dalam Tafsir Achmad Chodjim perspektif Semiotika Ferdinand De Saussure? Untuk memperoleh jawaban dari rumusan di atas, peneliti menggunakan pendekatan semiotika Ferdinan De Saussure. Pendekatan semiotika yang diusung oleh Ferdinand De Saussure mempunyai aspek penanda (signifier) dan petanda (signified). Dengan pendekatan tersebut dapat diketahui bagaimana Achmad Chodjim memaknai simbol-simbol dalam Al-Qur’an dengan falsafah Jawa. Penelitian ini didukung dengan teori-teori terkait falsafah Jawa yang berasal dari sumber-sumber primer. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Achmad Chodjim memasukkan falsafah Jawa di setiap penafsirannya. Beberapa ajaran maupun falsafah yang berhasil dikumpulkan, pertama, falsafah manembah ing gusti, pamoring kawula gusti, sepi ing pamrih rame ing gawe, cipta rasa karsa, sangkan paraning dumadi, dan solat daim. (2) Achmad Chodjim juga menggunakan falsafah Jawa ketika menafsirakan terkait ketuhanan dalam buku Tafsir Mutakhir 3 Surah Terakhir. Dengan ditinjau menggunakan perspektif semiotika Ferdinand De Saussure terdapat tiga sub-tema. Pertama, terkait falsafah manembah ing gusti, yang tersebar dalam kosa kata Huwa, Ah}ad, dan kata al-S}amad dalam surah Al-Ikhlas, serta kata Rabb al-nas dalam surah An-Nas. Kemudian falsafah pamoring kawula gusti disebutkan ketika menafsirkan kata Ahad dan al-Samad dalam surah Al-Ikhlas, serta kata ‘uqad dalam surah Al-Falaq. Dan terakhir falsafah Sangkan Paraning Dumadi disebutkan ketika menafsirkan kata ilah al-nas dalam surah An-Nas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haq, Analia Millah Audinaalizahlia23@gmail.com02040521011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKadir Riyadi, Abdulabd.kadir@uinsby.ac.id2013087003
Thesis advisorKhoiroh, Muflikhatulmuflikhatul@uinsby.ac.id2016047002
Subjects: Agama
Kebudayaan Jawa
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Falsafah Jawa; Simbol-Simbol al-Qur’an; Achmad Chodjim
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Analia Millah Audina Haq
Date Deposited: 05 Sep 2024 10:41
Last Modified: 05 Sep 2024 10:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73277

Actions (login required)

View Item View Item