Identifikasi mikroplastik pada saluran pencernaan ikan tongkol (euthynnus affinis) di TPI Sendang Biru, Malang dan Lekok, Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Dhea Amanda Widana (2024) Identifikasi mikroplastik pada saluran pencernaan ikan tongkol (euthynnus affinis) di TPI Sendang Biru, Malang dan Lekok, Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhea Amanda Widana Putri_09020420022.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Dhea Amanda Widana Putri_09020420022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

TPI Sendang Biru, Malang dan Lekok, Pasuruan memiliki potensi perikanan tangkap. Akan tetapi, pada sekitaran tempat pelelangan tersebut juga berpotensi adanya kontaminasi mikroplastik karena aktivitas dari masyarakat sekitar. Mikroplastik merupakan satu diantara pencemar laut yang berupa partikel mikro bersumber dari bahan senyawa plastik. Ukuran yang sangat kecil menyebabkan dapat berpindahnya mikroplastik ke seluruh tempat termasuk dalam saluran pencernaan ikan. Tujuan dari penelitian ini mengetahui bentuk warna, jenis polimer, konsentrasi, dan jumlah total dari mikroplastik pada saluran pencernaan ikan. Analisis menggunakan dua metode yaitu metode mikroskop untuk identifikasi bentuk dan warna, serta metode FT-IR untuk identifikasi jenis polimer. Jenis ikan yang digunakan yaitu ikan Tongkol yang menjadi komoditas di lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan bulan Januari sampai Mei 2024. Lokasi pengambilan sampel di TPI Lekok, Pasuruan dan TPI Sendang Biru, Malang. Serta pengujian di Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Ampel Surabaya. Proses identifikasi mikroplastik dilakukan dengan pengambilan sampel, identifikasi ikan, tahapan pengukuran dan pembedahan ikan, pemisahan densitas, pengamatasan visual, dan uji FT-IR. Hasil penelitian menunjukkan bentuk mikroplastik yang ditemukan berupa fragmentasi, fiber, film, dan granul. Sedangkan warna mikroplastik yang ditemukan yaitu hitam, merah, biru, cokelat, hijau, abu-abu, dan bening. Jenis polimer yang ditemukan yaitu nylon, polystyrene, polyethylene, polypropylene, nitrile, polycarbonate, dan polymethyl methacrylate. Konsentrasi dan jumlah total tertinggi berada di TPI Lekok, Pasuruan dibandingkan dengan TPI Sendang Biru, Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa adanya kontaminasi mikroplastik pada saluran pencernaan ikan Tongkol di TPI Sendang Biru, Malang dan TPI Lekok, Pasuruan. Kontaminasi mikroplastik tertinggi berada pada TPI Lekok, Pasuruan dibandingkan dengan TPI Sendang Biru, Malang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Dhea Amanda Widanadheawdp@gmail.com09020420022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id198107252014031002
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id2024088903
Subjects: Biologi
Ikan
Ilmu Kelautan
Keywords: Mikroplastik; saluran pencernaan; ikan tongkol
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Dhea Putri
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:37
Last Modified: 12 Sep 2024 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73302

Actions (login required)

View Item View Item