Implementasi peraturan menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi no 46 tahun 2017 dalam penyediaan sarana prasarana bagi mahasiswa penyandang disabilitas : studi perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Muhammad Faris (2024) Implementasi peraturan menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi no 46 tahun 2017 dalam penyediaan sarana prasarana bagi mahasiswa penyandang disabilitas : studi perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Faris Hidayat_05040420080.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Faris Hidayat_05040420080_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Impelementasi Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No 46 Tahun 2017 dalam Penyediaan Sarana Prasarana bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas (Studi Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah: Pertama, Bagaimana implementasi Permenristekdikti No 46 Tahun 2017 dalam penyediaan sarana prasarana bagi mahasiswa penyandang disabilitas fisik pada PTN dan PTKIN di Surabaya? Kedua, Bagaimana penyediaan sarana prasarana bagi mahasiswa penyandang disabilitas fisik pada PTN dan PTKIN di Surabaya ditinjau dari perspektif fiqh siyasah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode empiris, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian Teknis analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dikembangkan oleh milles and huberman untuk menganalisis data, Selanjutnya, Fikih Siyasah pada lingkup Siyasah Dusturiyah, sebuah teori hukum Islam, digunakan untuk mengolah dan menganalisis bukti-bukti yang ada. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Implementasi Permenristekdikti pada pasal 5 yang mengharuskan bahwa perguruan tinggi selayaknya menyediakan sarana prasarana bagi mahasiswa berkebutuhan khusus pada utamanya mahasiswa penyandang disabilitas fisik tapi pada faktanya dari ke lima PTN dan PTKIN di Surabaya ada beberapa PTN dan PTKIN di Surabaya mengenai sarana prasarana bagi mahasiswa penyandang disabilitas yang masih belum terealisasikan dengan baik, artinya perlu kepedulian kampus terhadap sarana prasarana bagi mahasiswa penyandang disay agar tidak terjadinya unsur diskriminasi Kedua, Analisis Fikih Siyasah pada lingkup Siyasah Tanfidziyah menjadi landasan pertimbangan bagi para pemimpin atau bagian terpenting di PTN dan PTKIN dalam menyediakan sarana prasarana bagi mahasiswa penyandang disabilitas agar Mahasiswa terutama Penyandang Disabilitas diperlakukan sama tanpa adanya diskriminasi. Peneliti mengharapkan untuk kedepannya Pemimpin Perguruan Tinggi dan para akademisi lebih peka dan ikut serta berkontribusi dalam penyediaan Sarana Prasarana dalam dunia pendidikan sesuai pasal 5 PERMENRISTEKDIKTI No 46 Tahun 2017.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Muhammad Farisokekita1927800@gmail.com05040420080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Anisanisfarida@gmail.com0706087202
Subjects: Fasilitas Umum
Hak Asasi Manusia
Kepemimpinan
Keywords: Peraturan menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi no 46 tahun 2017; Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Surabaya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Muhammad Faris Hidayat
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:45
Last Modified: 05 Sep 2024 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73315

Actions (login required)

View Item View Item