Komodifikasi konten dakwah pada channel youtube @corbuzier episode #logindiclosethedoor di era cyber religion

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qona'ati, Arini Fahma (2024) Komodifikasi konten dakwah pada channel youtube @corbuzier episode #logindiclosethedoor di era cyber religion. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arini Fahma Qonaati_02040722007_Full.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Arini Fahma Qonaati_02040722007.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan YouTube sebagai media dakwah merupakan bentuk inovasi guna menyesuaikan perkembangan era cyber religion. Konten-konten yang bernafaskan Islam di media sosial tidak hanya diposting oleh para ulama dan ustadz, namun masyarakat awam juga memposting konten dakwah yang dikemas secara menarik dan kreatif. Hal tersebut memberikan peluang kepada praktisi media untuk mengemas dakwah dalam sebuah konten kratif agar dapat menarik minat penonton. Fenomena tersebut akan memberikan dampak keuntungan secara ekonomi, sehingga dapat dinilai sebagai bentuk komodifikasi. Dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske, penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana ideologi yang dibangun dalam konten dakwah #LogIndiCloseTheDoor episode 21-22. Peneliti mencoba membedah konten tersebut dengan 3 level yaitu, level realitas, level representasi dan level ideologi. Untuk mengetahui implikasi komodifikasi terhadap penonton, peneliti melakukan wawancara kepada beberapa views konten dakwah tersebut. Penelitian ini menggunakan pisau analisis teori ekonomi politik Vincent Moscow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tanda-tanda yang menunjukkan adanya unsur komodifikasi dalam konten tersebut. Komodifikasi konten dakwah akun youtube @corbuzier memiliki implikasi terhadap pemahaman penontonnya. Terdapat pemahaman yang terdistorsi, beberapa penonton lebih memfokuskan konten Login sebagai hiburan, dari pada edukasi. Ideologi kapitalisme telah menggeser nilai-nilai agama sebagai marwah dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qona'ati, Arini Fahmaarini.fhmq@gmail.com02040722007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007055801
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Keywords: Komodifikasi; dakwah; konten YouTube
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arini Fahma Qona'ati
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:57
Last Modified: 05 Sep 2024 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73325

Actions (login required)

View Item View Item