Pengaruh penghargaan, budaya organisasi, dan kompensasi karyawan terhadap praktik retensi perusahaan pada kompartemen sumber daya manusia PT. Petrokimia Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Avila, Muhammad Rhesa (2024) Pengaruh penghargaan, budaya organisasi, dan kompensasi karyawan terhadap praktik retensi perusahaan pada kompartemen sumber daya manusia PT. Petrokimia Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rhesa Avila_08020320056.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Muhammad Rhesa Avila_08020320056_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penghargaan, Budaya Organisasi, dan Kompensasi Karyawan Terhadap Praktik Retensi Perusahaan Pada Kompartemen Sumber Daya Manusia PT. Petrokimia Gresik” penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari Penghargaan, Budaya Organisasi, dan Kompensasi Karyawan terhadap Praktik Retensi Perusahaan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan olah data analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varians, yaitu Partial Least Square (PLS) versi 3.2.9. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan secara langsung kepada responden. Sementara itu,data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, situs web, dan buku. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang dimana melibatkan seluruh karyawan dari Kompartemen Sumber Daya Manusia PT. Petrokimia Gresik yang berjumlah 40 responden.Hasil penelitian pada Kompartemen Sumber Daya Manusia PT. Petrokimia Gresik menunjukkan bahwa penghargaan berpengaruh secara signifikan terhadap praktik retensi perusahaan. Kedua, budaya organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap praktik retensi perusahaan. Ketiga, kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap praktik retensi perusahaan. Keempat, penghargaan,budaya organisasi, dan kompensasi berpengaruh secara simultan terhadap praktik retensi perusahaan.Melihat dari beberapa variabel independen dan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Penghargaan, Budaya Organisasi, Kompensasi, dan Praktik Retensi. Peneliti berharap melalui penelitian ini perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan kekuatan dari masing – masing variabel dalam mempengaruhi praktik retensi. Sebab, berdasarkan hasil observasi dan kuisioner masih ditemukan beberapa keluhan yang dimana kedepannya perusahaan dapat mengaplikasikan praktik retensi untuk keberlanjutan perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Avila, Muhammad Rhesarezapardede13@gmail.com08020320056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsby.ac.id199305032019032020
Subjects: Manajemen
Keywords: Penghargaan; budaya organisasi; kompensasi; praktik retensi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: rhesa avila
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:33
Last Modified: 05 Sep 2024 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73334

Actions (login required)

View Item View Item