Efektifitas pembelajaran dengan strategi belajar Metakognitif dalam meningkatkan Metacomprehension siswa pada materi Fiqih Kelas X di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Zunaidah (2009) Efektifitas pembelajaran dengan strategi belajar Metakognitif dalam meningkatkan Metacomprehension siswa pada materi Fiqih Kelas X di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. i.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. ii.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iii.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iv.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Teori pembelajaran perilaku yang terkini menekankan pada pengaturan diri atau self regulation yang membantu siswa mencapai pengendalian atas pembelajarannya sendiri. Kemampuan ini jarang dilatihkan pada siswa, sehingga siswa tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk keterampilan pengaturan diri. Oleh karena itu, keterampilan pengaturan diri perlu dilatihkan pada siswa melalui strategi metakognitif. Melalui strategi ini, siswa diberi kesempatan untuk menilai pemahaman diri mereka (metacomprehension) terhadap suatu materi khususnya materi fiqih. Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih hal ini disebabkan pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah-sekolah masih berjalan secara konvensional yakni pembelajaran yang menerapkan guru sebagai pemberi informasi dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan strategi belajar metakognitif. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Perlaungan Waru Sidoarjo, jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, test, interview dan dokumentasi data yang diperoleh dianalisis secara diskripstif dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan analisis data yang diperoleh: kemampuan guru dalam mengelola strategi belajar metakognitif mendapatkan skor rata-rata 3,63 (sangat baik) sehingga dikatakan efektif, hasil metacomprehension siswa terus meningkat dari rata-rata 2,36 (cukup baik) pada pertemuan pertama menjadi 2,74 (baik) pada tes akhir. Keterampilan metacomprehension ini terdiri dari 2 komponen yaitu komponen menentukan tingkat keyakinan dan komponen membandingkan konsep. Ketuntasan hasil belajar siswa dilihat dari hasil post test diperoleh 67 siswa dari 74 siswa tuntas belajar. Secara klasikal strategi metakognitif tuntas karena 90,5% siswa dari 74 siswa tuntas dalam belajar, sehingga pembelajaran dapat dikatakan efektif. Untuk menguji strategi belajar metakognitif efektif dalam melatih keterampilan metacomprehension siswa dapat dilihat dari hasil uji-t dengan nilai 8,21 yaitu to lebih besar dari tt 1,98 (8,21) 2,61 sehingga strategi belajar metakognitif dalam melatih keterampilan metacomprehension siswa dapat dikatakan efektif. Untuk itu dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik SMA Islam Perlaungan Berbek maupun instansi pendidikan lainnya untuk lebih meningkatkan kemampuan belajar dengan strategi yang tepat guna seperti strategi belajar metakognitif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Zunaidah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Metode Belajar Metakognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 24 Oct 2018 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7339

Actions (login required)

View Item View Item