analisis mekanisme penetapan harga jual dalam perspektif prinsip-prinsip ekonomi syariah: Studi Kasus di CV. Putra Djadi Shuttlecock, Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gunadi, Moch. Aldo Sanik Ramadhan Gunadi (2024) analisis mekanisme penetapan harga jual dalam perspektif prinsip-prinsip ekonomi syariah: Studi Kasus di CV. Putra Djadi Shuttlecock, Nganjuk. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Aldo Sanik Ramadhan Gunadi_08040420139 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Moch. Aldo Sanik Ramadhan Gunadi_08040420139 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Transaksi bisnis harus dilakukan dengan harga yang adil begitupun dalam penetapan harga, sebab hal tersebut merupakan komitmen syariat ekonomi Islam terhadap keadilan yang menyeluruh. Secara umum, harga yang adil adalah harga yang tidak menimbulkan penindasan (kezaliman) sehingga merugikan salah satu pihak dan menguntungan pihak yang lain. Penetapan harga jual yang dilakukan oleh CV. Putra Djadi Shuttlecock di Nganjuk dipengaruhi oleh berbagai faktor. Ketika harga jual dengan nominal ganjil maka pihak CV. Putra Djadi Shuttlecock di Nganjuk akan menggunakan sistem pembulatan harga. Permasalah yang terjadi adalah adanya penetapan harga jual dengan pembulatan harga yang tidak dikonfirmasi terlebih dahulu pada pelanggan sehingga salah satu pihak merasa dirugikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang dijadikan pertimbangan dalam penetapan harga, dan bagaimana penetapan harga jual yang diterapkan oleh CV. Putra Djadi Shuttlecock di Nganjuk dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini dilakukan di CV. Putra Djadi Shuttlecock di Nganjuk dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Adapun sifat pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian yaitu sumber data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya. Dalam hal ini sumber data diperoleh dari narasumber (informan) menggunakan metode wawancara dengan pihak-pihak yang terkait. Setelah semua data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa dalam penetapan harga yang dilakukan oleh CV. Putra Djadi Shuttlecock di Nganjuk sudah dilakukan pertimbangan harga jual sesuai dengan faktor-faktor penetapan harga. Mulai dari faktor tujuan perusahaan untuk mendapatkan laba, faktor biaya operasional dan faktor organisasi dimana ketiganya menjadi pertimbangan dalam penetapan harga jual. Pihak CV. Putra Djadi Shuttlecock lebih memaksimalkan pelayanan dan kualitas barang untuk menentukan harga, agar sebanding dengan apa yang dibayarkan oleh pelanggan. Namun CV. Putra Djadi Shuttlecock masih menyalahi prinsip adil dalam menerapkan mekanisme ekonomi Islam dalam melakukan penetapan harga, dimana dalam praktiknya usaha tersebut melakukan ketidakjelasan dalam mekanisme penetapan harganya yaitu pembulatan harga pada nominal ganjil tanpa adanya konfirmasi terlebih dahulu pada pelanggan saat melakukan transaksi pembayaran. Sehingga salah satu pihak tidak mengetahui hal tersebut dan merasa dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gunadi, Moch. Aldo Sanik Ramadhan Gunadialdo.sanik1320@gmail.com08040420139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatulimroatul.azizah@uinsa.ac.id2011087302
Subjects: Harga Pokok
Keywords: Prinsip Ekonomi Islam; Mekanisme Penatapan Harga; Keadilan Harga
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moch. Aldo Sanik Ramadhan Gunadi Gunadi
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:03
Last Modified: 27 Sep 2024 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73419

Actions (login required)

View Item View Item