Integrasi sains dan agama dalam kurikulum; studi multisitus di MAN Insan Cendekia Tanah Laut dan SMA Global Islamic Boarding School Barito Kuala Kalimantan Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riwanda, Agus (2024) Integrasi sains dan agama dalam kurikulum; studi multisitus di MAN Insan Cendekia Tanah Laut dan SMA Global Islamic Boarding School Barito Kuala Kalimantan Selatan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agus Riwanda_02050122021 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Agus Riwanda_02050122021 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (6MB)

Abstract

Dikotomi antara agama dan sains sering dianggap sebagai salah satu faktor yang menyebabkan stagnasi perkembangan umat Islam. Oleh karena itu, integrasi antara sains dan agama menjadi penting untuk membentuk generasi yang memiliki kompetensi di kedua bidang serta karakter yang mulia. Selama ini, penelitian mengenai integrasi sains dan agama lebih banyak dilakukan di perguruan tinggi, sementara penelitian di tingkat sekolah menengah masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsepsi dan implementasi integrasi sains dan agama di MAN Insan Cendekia Tanah Laut dan SMA Global Islamic Boarding School Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang akademik, dan guru. Analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu kondensasi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah menganggap integrasi ini sebagai upaya positif untuk memperluas wawasan siswa dan membentuk keterkaitan antara sains dan agama, meskipun tidak ada pedoman khusus. Pembelajaran di kedua sekolah masih terpisah berdasarkan mata pelajaran, sehingga integrasi dalam tataran kurikulum mikro tergantung pada keluasan wawasan dan inisiatif guru. Model integrasi sains dan agama yang diterapkan adalah discipline-based integration, dengan modifikasi model shared menjadi single teacher interdisciplinary model dan webbed. Modifikasi model shared menjadi single teacher interdisciplinary model menekankan kerjasama antara guru-guru dari kedua disiplin ilmu, sementara model webbed menggunakan pendekatan tematis. Praktik integrasi juga mencakup tiga model praktis: al-nuṣūṣ al-sharʿiyyah, al-taḥlīl al-īmānī, dan al-naqḍ al-islāmī, yang memperkaya pemahaman siswa tentang hubungan antara sains dan agama. MAN IC tanah Laut memiliki program Karya Tulis Ilmiah sedangkan SMA GIBS memfokuskan pengembangan kompetensi Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru melalui Highly Functioning Education Consulting Services (HAFECS) untuk mendukung integrasi sains dan agama. Meskipun masih ada tantangan dalam implementasi, seperti pembelajaran yang cenderung berpusat pada satu disiplin ilmu tertentu, integrasi sains dan agama di kedua sekolah ini memiliki potensi untuk memberikan pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riwanda, Agusagusriwanda89@gmail.com02050122021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com.2007017001
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Implementasi; Integrasi sains dan agama; Konseps; Kurikulum, Level integrasi; Model integrasi
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Agus Riwanda
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:11
Last Modified: 09 Sep 2024 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73443

Actions (login required)

View Item View Item