Peran perkebunan kelapa sawit terhadap perekonomian masyarakat Desa Gading Raja Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir 2020-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nurul (2023) Peran perkebunan kelapa sawit terhadap perekonomian masyarakat Desa Gading Raja Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir 2020-2022. Undergraduate thesis, uin sunan ampel surabaya.

[img] Text
Nurul hidayah G01219025 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nurul hidayah G01219025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul peran perkebunan kelapa sawit terhadap perekonomian masyarakat desa gading raja kecamatan pedamaran timur kabupaten ogan komering ilir 2020-2022 merupakan sebuah karya ilmiah yang menitik fokuskan terhadap pendapatan yang merupakan hasil dari jasa atau produksi yang diterima oleh seseorang. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pemenuhan kesejahteraan ekonomi masyarakat petani kelapa sawit dari segi pendapatan. di desa gading raja kabupaten ogan komering ilir sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya adalah bekerja sebagai petani kelapa sawit. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam bentuk penelitian lapangan (field research). Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala Desa dan pengurus koperasi usaha daerah dan Pelayanan desa gading raja serta petani kelapa sawit. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer ini di peroleh dengan metode interview atau wawancara kepada informan yaitu masyarakat petani kelapa sawit. Sedangkan data sekunder di dapatkan dari kantor Desa gading raja dan koperasi usaha daerah desa gading raja kabupaten ogan komering ilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkebunan kelapa sawit memiliki peranan yang sangat penting bagi pendapatan masyarakat di Desa Gading Raja. hasil perkebunan kelapa sawit memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Gading Raja. Adapun saran dari penelititi untuk pemerintah daerah dan koperasi unit desa sebagai pemangku kebijakan adalah memberikan pelatihan kepada para petani kelapa sawit bukan hanya mengenai cara mengelola perkebunan kelapa sawit yang efektif dan efissien, namun penting juga tentang pengelolaan keuangan bagi petani kelapa sawit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Nurulnurulhidayahnh2361@gmail.comG01219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, AabdulHakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Masyarakat
Perkebunan
Keywords: Kesejahteraan; Pendapatan masyarakat; Perkebunan kelapa sawit.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 07 Sep 2024 06:32
Last Modified: 07 Sep 2024 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73448

Actions (login required)

View Item View Item