Peran BUMDES terhadap penyerapan tenaga kerja dan pendapatan rumah tangga: studi kasus Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Mochammad Roffiqul Pradana (2024) Peran BUMDES terhadap penyerapan tenaga kerja dan pendapatan rumah tangga: studi kasus Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Roffiqul Pradana Putra_08020120052 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mochammad Roffiqul Pradana Putra_08020120052 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembangunan ekonomi, salah satu komponen penting tercapainya pemerataan ekonomi adalah dengan menyediakan lapangan pekerjaan yang mampu mengurangi pengangguran, terutama di negara berpendapatan menengah. Salah satu faktor terpenting dalam pembangunan suatu wilayah, pengentasan kemiskinan, dan kesenjangan wilayah adalah terbangunnya desa dan kawasan perdesaan. Skripsi yang berjudul “Peran Bumdes Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Dan Pendapatan Rumah Tangga (Studi Kasus Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik)” ini bertujuan untuk memahami kontribusi Badan Usaha Milik Desa dalam menciptakan lapangan kerja serta dampaknya terhadap pendapatan masyarakat pada tingkat rumah tangga.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMDes mempunyai peran yang signifikan dalam mengurangi tingkat pengangguran melalui unit usaha yang dikelola, seperti pengolahan sampah, desa wisata, dan gedung serba guna. Hal itu karena yang dipekerjakan wajib ber identitas Hendrosari. Selain itu, BUMDes juga memberikan stand untuk berjualan kepada masyarakat dan menaikkan pendapatan para petani siwalan, penjual olahan minuman lokal, dan penjual lainnya yang berada di lingkungan desa dan lain-lain melalui adanya unit usaha yang dikelola. Dengan adanya BUMDes, terjadi peningkatan pendapatan di tingkat rumah tangga yang juga turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan. Terdapat beberapa faktor pendukung dan hambatan yang memengaruhi keberhasilan BUMDes Hendrosari dalam hal penyerapan tenaga kerja dan pendapatan rumah tangga yakni meliputi dukungan pemerintah daerah, ketersediaan sumber daya, keterlibatan aktif masyarakat. Kedepannya untuk pihak pemerintah desa dan BUMDes agar terus mengembangkan potensi wisata, selalu melakukan perawatan dan memperbaiki sarana prasarana, agar pengelolaan unit usaha dapat optimal dan berkembang secara terus menerus dan memberikan dampak yang lebih luas terhadap masyarakat.Untuk masyarakat, agar selalu ikut andil dalam terlaksana pengembangan unit usaha yang telah dikelola oleh BUMDes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Mochammad Roffiqul Pradanaroffiqulpradana1@gmail.com08020120052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, AbdulHakim.febi@gmail.com197008042005011003
Subjects: Ekonomi
Keywords: Bumdes; tenaga kerja, pendapatan rumah tangga
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mochammad Roffiqul Pradana Putra
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:43
Last Modified: 04 Sep 2024 05:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73488

Actions (login required)

View Item View Item