Gambaran grit pada mahasiswa yang menjadi atlet

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuadah, Anisatul (2024) Gambaran grit pada mahasiswa yang menjadi atlet. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisatul Fuadah_11010120003.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Anisatul Fuadah_11010120003_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (4MB)

Abstract

Grit didefinisikan sebagai ketekunan serta semangat dalam mencapai tujuan jangka panjang, meskipun menghadapi kegagalan dalam mencapainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran grit serta faktor yang mempengaruhi grit pada mahasiswa yang menjadi atlet. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus kepada tiga informan mahasiswa yang juga menjadi atlet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi terhadap tiga informan mahasiswa aktif menjadi atlet. Informan pada penelitian ini menggeluti olahraga yang berbeda, yaitu olahraga beladiri tarung derajat, tenis meja dan bola voli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh informan memiliki grit yang baik dengan memiliki ketekunan dalam usaha (perseverance of effort) dan konsistensi dalam minat (consistenscy of interest). Peneliti menemukan bahwa subjek peelitian memiliki ketekunan dalam mengikuti seleksi atlet yang panjang dan pantang menyerah dalam menguasai teknik baru. Peneliti juga menemukan bahwa subjek menunjukkan sikap konsistensi karena sejak awal fokus menjadi atlet. Penelitian ini juga menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi grit pada informan yaitu faktor internal yang terdiri dari minat (interest), latihan (practice), tujuan (purpose) dan harapan (hope) dimiliki oleh seluruh subjek. Faktor eksternal grit yang terdiri dari pola asuh (parenting), lapangan bermain grit (the playing field of grit) dan budaya grit (culture of grit) seluruhnya ada pada diri setiap subjek. Faktor eksternal berupa budaya grit berbeda dari setiap subjek, yaitu bertahan meskipun belum terpilih menjadi atlet, berlatih setiap hari untuk mempertahankan performa, dan tetap berlatih meskipun dicurangi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuadah, Anisatul11010120003@student.uinsby.ac.id11010120003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBalgies, Soffysbalgies@gmail.com2022097604
Subjects: Olah Raga
Psikologi
Keywords: Grit; atlet; mahasiswa
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: ANISATUL FUADAH
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:48
Last Modified: 09 Sep 2024 05:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73512

Actions (login required)

View Item View Item