Evaluasi sistem informasi akuntansi berbasis ERP dalam pengendalian internal atas penerimaan kas pada PT. Proxsis Manajemen Internasional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Muhamad Dendik (2022) Evaluasi sistem informasi akuntansi berbasis ERP dalam pengendalian internal atas penerimaan kas pada PT. Proxsis Manajemen Internasional. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Dendik Setiawan_G7715016.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhamad Dendik Setiawan_G7715016_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Berbasis ERP dalam Pengendalian Internal atas Penerimaan Kas Pada PT. Proxsis Manajemen Internasional” merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk menjawab tentang bagaimana prosedur sistem akuntansi penerimaan kas di batik PT. Proxsis Manajemen Internasional dan sistem pemgendalian internal atas penerimaan kas pada PT Proxsis Manajemen Internasional. Penelitian ini menggunakan metode metode kualitatif deskriptif dan pendekatannya adalah studi kasus yang menggunakan teknik analisis wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Manager Keuangan dan Finance Accounting Receivable (AR) PT. Proxsis Manajemen Internasional. Dengan demikian penelitian ini menggunakan primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prosedur penjualan pada PT. Proxsis Manajemen Internasional yaitu : prosedur order penjualan, prosedu penerimaan kas, prosedur penyerahan barang, prosedur pencatatan penjualan tunai dan prosedur pencatatan penerimaan kas. Hasil pengimplementasian sistem ERP ke dalam sistem penerimaan kas pada PT. Proxsis Manajemen Internasional yaitu sudah cukup baik ditunjukkan dengan adanya: a) dokumen yang digunakan : kwitansi/nota, Invoic dan faktur pajak, b) catatan yang digunakan : kartu piutang dan posting jurnal umum, c) fungsi yang terkait : bagian sales, bagian administrasi/kasir, bagian operasional, bagian pengiriman, bagian pencatatan kas dan bagian produksi. Hasil evaluasi sistem informasi akuntansi berbasis ERP dalam sistem pengendalian internal atas penerimaan kas pada PT. Proxsis Manajemen Internasional sudah cukup baik, namun dengan catatan ditambahkannya SOP untuk pengendalian internal penerimaan kas secara kredit, otorisasi penyerahan yang seharusnya diotorisasi oleh pihak pengiriman dalam hal ini bagian TOPEX namun masih diotorisasi oleh pihak direktur, serta prosedur pencatatan dalam sistem yang seharusnya di lakukan dan diotorisasi oleh pihak Accounting namun dilakukan oleh pihak Finance AR. Saran dari peneliti agar perusahaan dapat berjalan secara maksimal diharapkan PT. Proxsis Manajemen Internasional yaitu dapat segera merancang SOP untuk pengendalian internal atas penerimaan kas kredit, serta memperbaiki beberapa catatan yang ditemukan dalam penelitian, yaitu otorisasi penyerahan jasa oleh TOPEX dan otorisasi pencatatan oleh pihak Accounting yang diharapkan akan semakin membuat prosedur penerimaan kas berjalan secara efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Muhamad Dendikdendik.setiawan96@gmail.comG72215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imambuchenanina@gmail.com2026096801
Subjects: Akuntansi
Keywords: Sistem pengendalian internal; sistem akuntansi penerimaan kas; sistem ERP
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Muhamad Dendik Setiawan
Date Deposited: 05 Sep 2024 05:18
Last Modified: 05 Sep 2024 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73523

Actions (login required)

View Item View Item