Dakwah pengembangan masyarakat melalui metode pengolahan produk TOGA unggulan di dusun Plumpung kecamatan Balerejo kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ar Rahman, Fiernanda (2023) Dakwah pengembangan masyarakat melalui metode pengolahan produk TOGA unggulan di dusun Plumpung kecamatan Balerejo kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiernanda Ar Rahman_B02219013_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Fiernanda Ar Rahman_B02219013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Hampir semua jenis tumbuhan
bisa tumbuh di wilayah negara ini. Kebanyakan dari mereka telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit sejak nenek moyang kita. Tanaman ini dikenal sebagai obat tradisional. Potensi sumber daya alam Dusun Plumpung Desa Glonggong, terletak pada lahannya yang luas, tanah yang subur, dan bentuk kesukuan alam yang indah. Kurangnya pemanfaatan potensi sumber daya alam disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat untuk memanfaatkan atau
mengelola sumber daya alam yang ada. Oleh karena itu perlu adanya pemanfaatan Toga melalui budidaya tanaman obat untuk keluarga dengan tujuan meningkatkan baik pengetahuan maupun Teknik penanaman, perawatan, pemanenan dan pengelolaan Toga serta meningkatkan perekonomian masyarakat.
Dalam pendampingan penelitian ini, peneliti menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Metode ini menekankan partisipasi Masyarakat serta kombinasi antara penelitian dan aksi. Penggunaan metode PAR bertujuan untuk mencapai perubahan dalam setiap tahap prosesnya. Penelitian ini dimulai dengan kampanye penyadaran kepada masyarakat mengenai manfaat dan pengenalan Toga, dilanjutkan dengan budidaya Toga bersama masyarakat, dan tahap selanjutnya adalah pengolahan Toga menjadi produk olahan lokal bersama masyarakat.
Strategi yang diterapkan oleh peneliti melibatkan pendidikan dan kampanye untuk menyadarkan masyarakat tentang manfaat penggunaan obat alami yang dapat ditanam di pekarangan mereka sendiri. Selain itu, peneliti juga memperkuat kelompok yang ada dalam masyarakat, khususnya ibu P2L (Pekarangan Pangan Lestari), serta melakukan advokasi kepada pemerintah dan lembaga terkait.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ar Rahman, Fiernandafiernandaarrahman@gmail.comB02219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDAdnan, Abdul MujibUNSPECIFIED2007025902
Subjects: Dakwah
Kesehatan
Kesehatan

Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian; tanaman obat keluarga; kesehatan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fiernanda Ar Rahman
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:56
Last Modified: 04 Sep 2024 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73533

Actions (login required)

View Item View Item