Dompet digital sebagai gaya hidup baru remaja Kecamatan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Alif (2024) Dompet digital sebagai gaya hidup baru remaja Kecamatan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alif Amalia_10010320002 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alif Amalia_10010320002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena penggunaan dompet digital yang saat ini sedang trending di kalangan remaja. Penelitian ini mengkaji dompet digital yang sebagai gaya hidup baru remaja Kecamatan Sidoarjo untuk bertransaksi sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya hidup remaja dalam penggunaan dompet digital dan bagaimana perubahan remaja di Sidoarjo dalam gaya hidupnya sesudah pemakaian pembayaran melalui online. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan fenomenologi. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subyek penelitian menggunakan Teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam melihat dompet digital sebagai gaya hidup baru remaja Kecamatan Sidoarjo adalah Teori Habitus Pierre Bourdieu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Alasan remaja menggunakan dompet digital ini remaja merasakan keunggulan dan kekurangan yang berbeda selama menggunakan dompet digital. Penggunaan dompet digital mempermudah aktivitas bertransaksi dan mendapatkan banyak penawaran diskon ataupun cashback. Adanya kekurangan saat menggunakan dompet digital terbatasnya jaringan internet, pembayaran dompet digital belum menyeluruh di pembelian toko-toko dan UMKM di kota Sidoarjo. Bertransaksi dengan domept digital bisa dikatakan efisien karena praktis semua kalangan bisa menggunakan dengan muda. (2) Dompet digital dapat mengubah gaya hidup remaja Kecamatan Sidoarjo tidak dapat mengontrol bertransaksi menjadi lebih boros yang terpengaruh dari branding promo-promo di setiap aplikasi dompet digital. Dompet digital membuat remaja lebih mudah berbelanja melalui aplikasi online hingga remaja tidak perlu keluar rumah untuk membeli apapun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Alifaliefamaliaaa@gmail.com10010320002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahfisip0103@gmail.com2001037701
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Keywords: Dompet Digital; Gaya Hidup; Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Alif Amalia
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:36
Last Modified: 12 Sep 2024 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73588

Actions (login required)

View Item View Item