Rancang bangun alat monitoring arah dan kecepatan arus laut berbasis IOT (internet of things)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tahani, Irbah Marwa (2023) Rancang bangun alat monitoring arah dan kecepatan arus laut berbasis IOT (internet of things). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irbah Marwa Tahani_H94219050_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Irbah Marwa Tahani_H94219050.pdf

Download (4MB)

Abstract

Arus laut merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan, terutama untuk keselamatan pelayaran. Data arah dan kecepatan arus laut yang pasti dapat membantu menentukan apakah kondsi laut aman untuk dgunakan berlayar atau tidak. Pada saat ini data yang diperoleh merupakan data prediksi dan untuk mengambil data diperlukan turun langsung ke lokasi sehingga tidak efisien. Penelitian ini bertujan untuk mendapatkan rancangan alat monitoring arah dan kecepatan arus berbasis IOT dan komparasinya dengan Current Meter Valeport. Pengujian dilakukan di Laboratorium Lingkungan Laut UIN Sunan Ampel Surabaya dengan durasi 1 jam sebanyak 3 kali. Perangkat keras yang digunakan terdiri dari ESP32, HMC5883L, Reed Switch, DS3231, dan data logger yang kemudian dihubungkan ke Google Firebase untuk kemudian ditampilkan di Aplikasi Android. Pengujian instrumen dilakukan dengan mebandingangkan hasil pembacaan dengan Current Meter 106 Valeport. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alat instrumentasi monitoring arah dan kecepatan arus berbasis IOT (Internet of Things) dapat memonitoring arah dan kecepatan secara realtime dengan menggunakan server Google Firebase dan mampu menampilkan data pada pengguna melalui smartphone dengan tingkat akurasi 98,3%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tahani, Irbah MarwaIrbahmarwa.13@gmail.comH94219050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsa.ac.id2026068701
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Subjects: Ilmu Kelautan
Internet
Teknologi
Keywords: Instrumentasi; IOT; arus laut; ESP32; firebase
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: irbah marwa tahani
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:34
Last Modified: 09 Sep 2024 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73617

Actions (login required)

View Item View Item