Upaya guru dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas IV di SD Pasar Ikan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunitasari, Ria (2024) Upaya guru dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas IV di SD Pasar Ikan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ria Yunitasari_D97217072 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Ria Yunitasari_D97217072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah menemukan beberapa peserta didik cukup baik dan mampu berbicara menggunakan bahasa jawa meskipun masih campuran kepada guru. Karakter yang dimiliki siswa itu berbeda-beda sebagai guru harus bisa memahami dan mengetahui karakter yang dimiliki siswa di kelas. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui upaya guru dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran bahasa jawa pada siswa kelas IV di SD Pasar Ikan Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran bahasa jawa pada siswa kelas IV di SD Pasar Ikan Sidoarjo. Peneliti mengambil rumusan masalah 1) Bagaimana Upaya guru dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran bahasa jawa pada siswa kelas IV di SD Pasar Ikan Sidoarjo. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran bahasa jawa pada siswa kelas IV di SD Pasar Ikan Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan ada 3 yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara ini ditujukan kepada kepala sekolah, guru, dan siswa kelas IV, observasi ditujukan kepada guru kelas saat pembelajaran berlangsung dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Upaya guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran bahasa jawa yaitu dalam pembelajaran bahasa jawa sudah menerapkan pendidikan karakter dengan cara menyelipkan disetiap pembelajaran atau mungkin di tengah-tengah pembelajaran dan juga bisa jadi di akhir pembelajaran yang akan selesai. Contoh kecilnya yaitu dengan meminta tolong untuk mendengarkan dan memperhatikan pada saat guru menerangkan dikelas dan kalau misalnya anak-anak rame atau sibuk sendiri selalu kita ingatkan. 2) faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa yaitu dari diri sendiri, orang tua, lingkungan bermasyarakat dan guru di lingkungan pendidikan dan faktor penghambat dalam pembentukan karakter siswa yaitu faktor penghambat pasti ada, sebagai guru sudah memberikan yang terbaik di sekolah untuk peserta didik, tetapi juga bisa dilihat dari orang tua dan lingkungan dan tidak memberikan support atau semangat pada diri siswa pasti lama kelamaan akan hilang apa yang sudah diberikan oleh guru di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunitasari, Riariayunitasarinita@gmail.comD97217072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Guru
Kebudayaan Jawa
Minat Siswa
Keywords: Guru; pembentukan karakter; pembelajaran Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ria Yunitasari
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:03
Last Modified: 10 Sep 2024 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73672

Actions (login required)

View Item View Item