Kewarisan akun digital dalam pandangan ushul fiqh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Muhammad Akbar (2024) Kewarisan akun digital dalam pandangan ushul fiqh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Akbar Firmansyah_05030120092.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Akbar Firmansyah_05030120092_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kewarisan Akun Digital dalam Pandangan Ushul Fiqh”. Dengan demikian, skripsi ini menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: bagaimana mekanisme pewarisan akun digital diimplementasikan setelah kematian seseorang; dan dan bagaimana pewarisan harta kekayaan dari akun digital menurut pandangan Ushul Fiqh. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik library rersearch dan pendekatan conceptual approach. Teknik analisis data menggunakan desktiptif deduktif yang selanjutnya disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit mengenai mekanisme kewarisan akun digital. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan pendekatan teori ushul fiqh, yakni wasiat. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, menghasilkan tentang alur mekanisme peralihan harta benda berupa akun digital atau disebut dalam judul kewarisan akun digital yang menggunakan metode pendekatan dari ushul fiqh. Kedua, yaitu menerenangkan hasil dari tinjauan ushul fiqih dengan metode pendekatan dalam hal kewarisan yakni, wasiat. Yang didalam pembahasan skripsi ini digunakan untuk menemukan jawaban dari permasalahan yang terjadi. Sejalan dengan kesimpulan diatas bahwa kewarisan akun digital adalah mungkin dalam pandangan fiqih, skripsi ini berkontribusi pada pemahaman dan pengetahuan tentang bagaimana hukum Islam dapat diaplikasikan dalam konteks era digital yang terus berkembang. Skripsi ini juga menyoroti kebutuhan akan panduan yang lebih jelas dan harmonisasi antara hukum Islam dan praktik teknologi modern untuk memastikan kewarisan akun digital dapat dilakukan dengan adil dan etis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Muhammad Akbarakbarfirmansyah2001@gmail.com05030120092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Subjects: Hukum Islam > Waris
Hukum > Hukum Perdata
Keywords: Kewarisan; akun digital; ushul fikih
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muhammad Akbar Firmansyah
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:06
Last Modified: 10 Sep 2024 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73691

Actions (login required)

View Item View Item