Uji pengaruh perendaman ekstrak daun mangrove (rhizopora apiculata) dan daun kemangi (ocimum anctum l) terhadap mutu mikrobiologi udang windu (penaeus monodon)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indraswari, Kharisma Nurhuwaidah (2023) Uji pengaruh perendaman ekstrak daun mangrove (rhizopora apiculata) dan daun kemangi (ocimum anctum l) terhadap mutu mikrobiologi udang windu (penaeus monodon). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Baru Kharisma Nurhuwadiah ndraswari_H74219028 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Baru Kharisma Nurhuwadiah ndraswari_H74219028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Udang termasuk sebagai produk pangan yang rentan terhadap kerusakan mutu (pembusukan) akibat penanganan yang kurang tepat hingga keterlambatan pendinginan setelah panen. Ini yang dapat membuat kesegaran udang mengalami penurunan. Meskipun berbagai teknologi pengolahan pangan telah diterapkan untuk menjaga daya simpan perikanan, penggunaan bahan pengawet yang berpotensi membahayakan kesehatan juga masih banyak dilakukan. Telah banyak dilakukan penelitian terkait penggunaan bahan pengawet alam sebagai alternatif penggunaan pengawet sintesis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas perendaman ekstrak daun mangrove (Rhizopora apiculata), daun kemangi (Ocimum sanctum L), dan campuran keduanya pada udang windu (Penaeus monodon) terhadap organoleptik dan total mikroba. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan dua faktor perlakuan yaitu jenis perendaman (Daun Mangrove, Daun Kemangi, Daun Mangrove dan Daun Kemangi, Tanpa Perlakuan dan Formalin) selama lama waktu perendaman (4 jam, 6 jam sampai 8 jam) dengan konsentrasi 100% dalam suhu ruang. Semua perlakuan perendaman ekstrak daun tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kondisi organoleptik udang windu ditunjukkan dengan nilai dari uji anova sebesar 0,139 (Sig = 0,05). Semua perlakuan perendaman ekstrak daun memberikan pengaruh yang signifikan terhadap total mikroba udang windu ditunjukkan dengan nilai dari uji anova sebesar 0,000 (Sig < 0,05). Uji statistik lebih lanjut menunjukkan terdapat perbedaan siginfikan semua perlakuan perendaman ekstrak daun serta kontrol positif (formalin) terhadap kontrol negatif (tanpa perlakuan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indraswari, Kharisma Nurhuwaidahkharismaindraswari312@gmail.comH74219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id--
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id2024088903
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: pengawet alami; ekstrak daun Rhizopora apiculate; udang windu
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Kharisma Nurhuwaidah Indraswari
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:41
Last Modified: 01 Oct 2024 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73700

Actions (login required)

View Item View Item