This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fransiska, Lutfiana (2024) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya belajar kelas VIII SMP Negeri 2 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Lutfiana Fransiska_06011020003 OK.pdf Download (6MB) |
|
Text
Lutfiana Fransiska_06011020003 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 November 2027. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan dalam mengembangkan kemampuan berpikir sebagaimana tercantum dalam Tujuan Pendidikan Nasional, salah satunya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang menjadi perhatian dalam implementasi kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka juga memuat pembelajaran berdiferensiasi yang bertujuan untuk menyesuaikan pengajaran dengan kondisi dan kebutuhan siswa termasuk gaya belajar. Hasil studi awal kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 2 Waru masih dalam kategori rendah. Rendahnya kemampuan ini diduga dipengaruhi oleh kurangnya dorongan dan bimbingan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam konteks gaya belajar siswa yang beragam, sehingga identifikasi gaya belajar sangat dibutuhkan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya belajar kelas VIII SMP Negeri 2 Waru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian analitik observasional dengan teknik cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah kelas VIII yang berjumlah 374 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan cara pengundian sebanyak 190 kali yang merupakan jumlah sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji One Way Anova yang dilanjutkan uji LSD (Least Significant Difference). Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 72 siswa memiliki gaya belajar visual, 52 siswa bergaya belajar auditorial, dan 66 siswa bergaya belajar kinestetik. Hasil uji One Way Anova menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Waru dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Hasil uji lanjut menggunakan LSD (Least Significant Difference) menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan berpikir kritis dengan urutan tertinggi, diikuti oleh gaya belajar kinestetik dan gaya belajar auditorial sebagai urutan terendah. Hasil tes kemampuan berpikir kritis didapatkan rata-rata siswa gaya belajar visual sebesar 79,15, rata-rata siswa gaya belajar kinestetik sebesar 73.20 dan rata-rata gaya belajar auditori sebesar 59,98.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||||||||
Keywords: | Kemampuan berpikir kritis; Gaya belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Lutfiana Fransiska | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2024 02:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Nov 2024 02:41 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73705 |
Actions (login required)
View Item |