Kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi antara product knowledge, kualitas produk, brand image, sharia marketing mix, dengan loyalitas nasabah bank umum syariah di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roni, Mukhamad (2024) Kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi antara product knowledge, kualitas produk, brand image, sharia marketing mix, dengan loyalitas nasabah bank umum syariah di Jawa Timur. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukhamad Roni_01040220014 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mukhamad Roni_01040220014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2028.

Download (2MB)

Abstract

Banyak penelitian telah dilakukan untuk mengkaji faktor-faktor loyalitas nasabah bank syariah, tetapi hanya menguji pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Akan tetapi product knowledge, kualitas produk, brand image, dan sharia marketing mix belum diuji pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 240 responden dengan mengunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara penyebaran kuesioner/survey. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan smart PLS versi 3.0.Penelitian ini menghasilkan: 1. Product knowledge, brand image, sharia marketing mix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. 2. Product knowledge, kualitas produk, brand image, sharia marketing mix berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah 3. Product knowledge, kualitas produk, sharia marketing mix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi. 4. Brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi.Implikasi teoretis penelitian ini bahwa product knowledge berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan/loyalitas nasabah, yang selama ini belum disampaikan oleh penelitian yang lain. Serta pemberian banking award dan client pride mengakibatkan serta memudahkan nasabah dan calon nasabah mamahami serta memiliki keyakinan terkait jaminan kualitas produk serta jasa dari Bank Umum Syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roni, Mukhamadroniwijayam@gmail.com01040220014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kata kunci: Product Knowledge, Kualitas Produk, Brand Image, Sharia Marketing Mix; Kepuasan Nasabah; Loyalitas Nasabah; Bank Umum Syariah.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mukhamad Roni
Date Deposited: 22 Apr 2025 05:02
Last Modified: 22 Apr 2025 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73735

Actions (login required)

View Item View Item