Analisis SWOT terhadap implementasi zakat peternakan Sapi Perah: studi kasus di Desa Becirongengor Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiah, Rillah Nur (2023) Analisis SWOT terhadap implementasi zakat peternakan Sapi Perah: studi kasus di Desa Becirongengor Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rillah Nur Maulidiah_G05219026 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Rillah Nur Maulidiah_G05219026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi zakat sapi perah di Desa Becirongengor Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo dan bagaimana analisis SWOT terhadap implementasi zakat peternakan di Desa Becirongengor Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi ke tempat peternakan sapi perah wawancara secara mendalam dengan para peternak sapi ataupun pegawai yang bekerja di peternakan sapi dan dokumentasi yakni terkait perolehan dokumentasi-dokumentasi yang menjadi bahan pendukung peneliti sehingga data yang diperoleh akan diolah dan dianalisis sehingga menghasilkan pemahaman yang komprehensif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para peternak sapi perah di Becirongengor belum melakukan zakat dengan maksimal. Dimana seharusnya nisab yang harus dikeluarkan 2.5% dikiaskan dengan nisab zakat perdagangan. Maka diperlukan adanya Analisis SWOT beserta strateginya, sehingga dapat diharapkan zakat peternakan bisa dilakukan setiap tahunnya. Terdapat beberapa unggulan di peternakan sapi perah baik Eksternal maupun Internalseperti kekuatan, peluang. Terdapat pula adanya ancaman dan kelemahan, sehingga analisis SWOT sudah tepat dalam menentukan strategi – strategi kedepannya baik dari strategi SO, ST, WO, Dan WT. sehingga diharapkan implementasi zakat peternakan dapat terlaksana sesuai syariat. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada pemerintah desa dan pengurus LAZ di Desa Becirongengor untuk mengadakan sosialisasi secara terus menerus kepada peternak sapi perah agar peternak bisa mengetahui kalau zakat peternakan itu ada dan harus dikeluarkan jika sudah memenuhi nisabnya, peternak sapi juga perlutau berapa nisab yang harus dikelurkan untuk berzakat dan agar peternak tau kepada siapa zakat harus di salurkan atau diberikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiah, Rillah Nurmaulidiahrillah74@gmail.comG05219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathoif, Muhammadmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Thesis advisorSyihabuddin, Atoksyihabuddin2008@gmail.com2002018502
Subjects: Manajemen
Zakat
Keywords: Analisis SWOT; zakat peternakan; Sapi Perah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Rillah Nur Maulidiah
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:12
Last Modified: 13 Sep 2024 06:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73746

Actions (login required)

View Item View Item