Implementasi desain gamifikasi pada pembelajaran tajwid dan gharib dengan pendekatan player centered design

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Muhammad Hisyam (2024) Implementasi desain gamifikasi pada pembelajaran tajwid dan gharib dengan pendekatan player centered design. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Muhammad Hisyam Pratama_H06217014.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Hisyam Pratama_H06217014_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman hidup umat islam dan membaca serta mengamalkannya memberikan pahala. Saat membaca Al Quran dianjurkan dengan fasih agar terhindar dari kesalahan dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, makharijul huruf, dan gharib. Mengenai hal tersebut maka perlu dilakukan pembelajaran khusus. Proses pembelajaran tajwid dan gharib memerlukan waktu lama dan rutin karena pelafalan huruf hijaiyah dan Bahasa Arab yang cukup sulit. Pembelajaran konvensional masih kurang mencukupi untuk menguasai Al-Quran. Berdasarkan hal itu perlu adanya media pembelajaran yang mudah dipelajari dan mudah diakses oleh pengguna. Maka dalam penelitian ini dilakukan perancangan desain mobile learning untuk membantu proses pembelajaran tajwid dan gharib sekaligus dengan menggunakan konsep gamifikasi guna meningkatkan minat belajar peserta didik. Untuk merancang konsep gamifikasi diperlukan pendekatan yang sesuai yaitu Player Centered Design sebagai alur perancangan desain. Hasil dari penelitian ini berupa prototype high fidelity dan diuji menggunakan usability testing yaitu cognitive walkthrough dengan menilai efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil akhir pengujian menunjukkan bahwa efektivitas dari pengguna mendapatkan nilai sesuai standar dengan persentase keberhasilan 94%, kemudiaan efisiensi dari desain user interface mendapatkan nilai diatas rata-rata dengan persentase 81,13%. Dan pada uji kepuasan pengguna mendapatkan nilai 77 yang tergolong dalam kategori Acceptable yang berarti dapat diterima dengan baik oleh pengguna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Muhammad Hisyamhisyam.pratama80@gmail.comH06217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Thesis advisorKhalid, Khalidkhalid@uinsby.ac.id197906092014031002
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Media
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Gamifikasi pembelajaran; tajwid dan gharib; player centered design; usability testing
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Muhammad Hisyam Pratama
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:36
Last Modified: 13 Sep 2024 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73770

Actions (login required)

View Item View Item