Analisis proses produksi program siaran dakwah kajian fajar di radio Suara Muslim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masfuatin, Masfuatin (2023) Analisis proses produksi program siaran dakwah kajian fajar di radio Suara Muslim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masfuatin_B91219109_Full.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Masfuatin_B91219109.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 September 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji proses produksi program siaran pada Radio Dakwah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses produksi program siaran Dakwah Kajian Fajar, terkait dengan tahap-tahap produksi siaran, Format Siaran, dan kontekstual Pesan Dakwahnya. Untuk menjawab fokus permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis model Miles dan Huberman. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu, proses produksi yang berisi tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Dalam proses pra produksi terdapat kegiatan diantaranya: menentukan topik program, menentukan materi, menentukan narasumber, persiapan media meliputi hal teknis dan mempersiapkan sumber daya manusia yang terlibat. Selanjutnya proses produksi dilakukan eksekusi siaran secara langsung atau live on air di Radio dan online YouTube sesuai jadwal yaitu pukul 05:00-06:00 WIB. Pada pasca produksi dilakukan evaluasi secara mandiri terkait siaran yang telah dilakukan dan evaluasi program setiap satu pekan sekali. Program Kajian Fajar merupakan program informatif yang disajikan secara live dengan kemasan talkshow interaktif dengan pendengar untuk memberi respon langsung terhadap pesan Dakwah yang disampaikan narasumber. Dalam program siaran ini pesan Dakwah yang dibawakan mengenai Kajian Al-Qur’an dari berbagai sisi dengan mencakup aspek Aqidah, syari’ah dan Akhlak. Bertujuan untuk memberi motivasi dan menumbuhkan cinta pada Al-Qur’an di hati pendengarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masfuatin, MasfuatinMasfuatinpuan07@gmail.comB91219109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Aliali.aziz@uinsby.ac.id2009065701
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Program Siaran; dakwah; radio
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Masfuatin Masfuatin
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:04
Last Modified: 17 Sep 2024 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73816

Actions (login required)

View Item View Item