Pengembangan sistem pakar perencanaan investasi pasar modal berbasis website untuk meningkatkan kualitas keputusan investasi di pasar modal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Rakhmad Fahmi (2023) Pengembangan sistem pakar perencanaan investasi pasar modal berbasis website untuk meningkatkan kualitas keputusan investasi di pasar modal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rakhmad Fahmi Putra_G03219028.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Rakhmad Fahmi Putra_G03219028_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 September 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Sistem Pakar Perencanaan Investasi Berbasis Website guna membantu pengambilan keputusan investasi di pasar modal. Selain itu, tujuan penelitian ini juga untuk mengamati efektivitas penggunaan sistem pakar tersebut dalam mendukung pengambilan keputusan investasi di pasar modal oleh pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode prototyping untuk membuat aplikasi Website sistem pakar. Metode inferensi sistem pakar yang digunakan adalah metode penalaran kedepan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil utama penelitian ini adalah terciptanya Website Sistem Pakar untuk konsultasi mengenai investasi pasar modal, dan penemuan bahwa masyarakat cenderung memutuskan untuk berinvestasi setelah memahami skala investasi melalui sistem pakar. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan bantuan kepada masyarakat dalam berkonsultasi mengenai alokasi pendapatan dan investasi di pasar modal. Kesimpulannya, penelitian ini berhasil mengembangkan sistem pakar konsultasi investasi yang ramah pengguna, dan mengungkap fakta bahwa masyarakat lebih tertarik untuk berinvestasi setelah memahami skala investasinya. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan literasi dan pemahaman investasi masyarakat, serta memberikan sarana yang efektif untuk mengoptimalkan pengambilan keputusan investasi di pasar modal melalui pemanfaatan sistem pakar berbasis Website.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Rakhmad Fahmifahmiputrarakhmad@gmailG03219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.id2028128301
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id--
Subjects: Investasi
Manajemen
Keuangan
Keywords: Sistem pakar; website; investasi; pasar modal; keputusan investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Rakhmad Fahmi Putra
Date Deposited: 17 Sep 2024 04:48
Last Modified: 17 Sep 2024 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73820

Actions (login required)

View Item View Item