Pengaruh penggunaan buku ajar al arabiyah al mathlabah terhadap kemampuan membaca siswa intensif Bahasa Arab di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Hawin Thohar (2010) Pengaruh penggunaan buku ajar al arabiyah al mathlabah terhadap kemampuan membaca siswa intensif Bahasa Arab di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hawin Thohar Fauzi_D02206028 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa arab dibutuhkan bahan ajar atau buku yang relevan agar siswa dapat menguasai bahasa arab tersebut secara sempurna. Selain itu metode pembelajaran yang variatif dan menarik akan lebih memudahkan siswa dalam belajar bahasa arab. Salah satu bahan ajar atau buku ajar dalam pembelajaran bahasa arab adalah buku al arabiyah al mathlabah. Buku ini merupakan bahan ajar yang digunakan oleh intensif bahasa arab IAIN Sunan Ampel mulai tahun 2005. Kemudian pada tahun 2009 sampai sekarang buku tersebut digunakan di intensif bahasa arab Pondok Pesantren Mahasiswa AI-Jihad Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku ajar al arabiyah al mathlabah terhadap keterampilan membaca siswa intensif bahasa arab di pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, interview, angket, dan dokumentasi dengan mengambil 40 siswa kelas A dan B sebagai sampelnya. Untuk dapat menyimpulkan hasil yang dikehendaki maka digunakan rumus prosentase dan product moment. Hasil penelitian adalah bahwa penggunaan buku ajar al arabiyah al mathlabah dalam kegiatan intensif bahasa arab di pondok pesantren mahasiswa Al-lihad Surabaya termasuk baik sekali. lIal ini dilihat dari hasil wawancara dengan pengurus dan siswa serta angket. Demikian juga dari hasil angket menunjukkan bahwa ketrampilan membaca bahasa Arab siswa termasuk amat baik Analisa statistik didapat bahwa antara kedua variabel tersebut terdapat hubungan atau pengaruh dengan menunujukkan indeks korelasi 0,81.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Hawin ThoharUNSPECIFIEDD02206028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Kemampuan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:28
Last Modified: 18 Oct 2024 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74149

Actions (login required)

View Item View Item