Pengaruh literasi keuangan syariah, pengetahuan produk, dan norma subjektif terhadap minat menabung milenial muslim Kota Jambi pada Bank Syariah dengan dimediasi sikap menabung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti Z, Nadya (2024) Pengaruh literasi keuangan syariah, pengetahuan produk, dan norma subjektif terhadap minat menabung milenial muslim Kota Jambi pada Bank Syariah dengan dimediasi sikap menabung. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadya Febrianti Z_02040321042.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nadya Febrianti Z_02040321042_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 November 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang pengaruh literasi keuangan syariah, pengetahuan produk, dan norma subjektif terhadap minat menabung dengan dimediasi sikap menabung. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh secara tidak langsung literasi keuangan syariah, pengetahuan produk, dan norma subjektif terhadap minat menabung dengan dimediasi sikap menabung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis deskripsi kuantitatif explanatory research. Populasi dalam penelitian ini yakni generasi milenial muslim di kota Jambi dengan jumlah responden sebanyak 100. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan pemanfaatn google form. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Partial Least Square melalui aplikasi Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) literasi keuangan syariah memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap minat menabung, (2) pengetahuan produk memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap minat menabung, (3) norma subjektif memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap minat menabung, (4) sikap menabung memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap minat menabung, (5) literasi keuangan syariah memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap sikap menabung, (6) pengetahuan produk memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap minat menabung, (7) norma subjektif memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap sikap menabung, (8) sikap menabung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hubungan secara tidak langsung dalam memediasi hubungan antara literasi keuangan syariah terhadap minat menabung, (9) sikap menabung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hubungan secara tidak langsung dalam memediasi hubungan antara pengetahuan produk terhadap minat menabung (10) sikap menabung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hubungan secara tidak langsung dalam memediasi hubungan antara sikap menabung terhadap minat menabung. Saran peneliti, (1) pengoptimalan perbankan syariah terakit variabel yang terbukti berpengaruh terhadap minat menabung, (2) peningkatan literasi keuangan syariah dan kesadaran menabung bagi generasi milenial (3) peneliti selanjutnya menganalisis variabel lain yang mempengaruhi minat menabung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti Z, Nadyanadyafebriantizakaria@gmai.com02040321042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Thesis advisorMansur, AhmadUNSPECIFIED2024097101
Subjects: Keuangan Islam
Keywords: Literasi keuangan syariah; pengetahuan produk; norma subjektif; minat menabung; sikap menabung
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadya Febrianti Z
Date Deposited: 04 Nov 2024 05:17
Last Modified: 04 Nov 2024 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74275

Actions (login required)

View Item View Item