Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis teka-teki silang melalui strategi guided note taking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran SKI di MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Lailatul (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis teka-teki silang melalui strategi guided note taking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran SKI di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Maghfiroh_02041022008 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lailatul Maghfiroh_02041022008 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2027.

Download (13MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui strategi guided note taking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran SKI di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Persoalan yang akan dibahas pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan LKPD berbasis teka-teki silang melalui strategi guided note taking, implementasi LKPD berbasis teka-teki silang melalui strategi guided note taking, dan keefektivitas penggunaan teka-teki silang melalui strategi guided note taking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI. Jenis penelitian ini adalah RnD menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas 4 A yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelompok kontrol dan 4D yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelompok eksperimen di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Wawancara, angket, observasi, tes, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang digunakan. Pretest dan posttest digunakan untuk mendesain uji coba. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif, analisis validitas untuk kelayakan dan analisis efektivitas menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain LKPD telah disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan masalah yang terjadi di lapangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berbasis teka-teki silang melalui strategi guided note taking memenuhi kriteria layak, dengan presentase tingkat kelayakan pada ahli LKPD sebesar 78% termasuk kriteria layak, ahli materi sebesar 92% termasuk kriteria sangat layak, dan ahli materi sebesar 98% termasuk kategori sangat layak. Implementasi LKPD yang telah dikembangkan diterapkan pada kelas eksperimen dengan diuji cobakan melalui pretest dan posttest. Efektivitas penggunaan LKPD berbasis teka-teki silang melalui strategi guided note taking menggunakan uji independent sample t test dengan hasil menunjukkan nilai siginifikansi 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti LKPD berbasis teka-teki silang melalui strategi guided note taking efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI di MINU Ngingas Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Lailatullmfiroh16@gmail.com02041022008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalik, Mohamadsalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Teka-teki Silang; Guided Note Taking; Berpikir Kritis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lailatul Maghfiroh
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:16
Last Modified: 13 Nov 2024 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74314

Actions (login required)

View Item View Item