Strategi guru dalam literasi peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Al-Mu'awanah Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Putri Eka (2024) Strategi guru dalam literasi peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Al-Mu'awanah Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Eka Rahmawati_06040120095 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Eka Rahmawati_06040120095 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2027.

Download (4MB)

Abstract

Materi SKI bisa disebut juga pelajaran yang berisikan peristiwa-peristiwa yang terjadi, banyak narasi, seperti banyaknya nama-nama, tempat tahun, wafat, yang memiliki sifat knowledge. Pelajaran ini bisa dikatakan permbelajaran yang membosanka karenan membutuhkan banyak narası di dalamnya. Salah satu strategi guru dalam pembelajaran ini adalah dengan menerapkan literasi. Literasi sendiri merupakan kemahiran berbahasa seseorang yang meliputi kemahiran menyimak, berbicara, menulis dan membaca serta kemahiran berfikir yang menjadi bagian didalamnya. Dalam penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah antara lain: (1) Bagaimana perencanaan guru dalam menumbukan literasi pada mata pelajaran SKI di MTS Al-Mu'awanah Candi Sidoarjo? (2) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan literasi terhadap mata pelajaran SKI di MTS Al-Mu'awanah Candi Sidoarjo (3) Bagaimana hasil dari strategi dalam menumbuhkan literasi pada mata pelajaran SKI di MTS Al-Mu'awanah Candi Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perancanaan pembelajaran dan keberagaman strategi guru dalanı menumbuhkan literasi pada mata pelajaran SKI serta hasil dari penerapan strategi guru yang berlokasi di MTS Al-Muawanah Candi Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta teknik yang digunakan ada tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menunjukkan hasil yaitu: (1) Perencanaan guru dalam upaya menumbuhkan literasi diantaranya dengan menyusunan materi, media, metodu alokasi waktu yang memiliki unsur dalam menanamkan literasi di dalamnya. (2) Adapun strategi yang diterapkan dalam menumbuhkan literasi pada mata pelajaran SKI yaitu: startegi SQ3R (Survei, Quation, Read, Recite, Review), strategi membaca tanya jawab MTJ atau Request (reading-quation), story telling, strategi guide reading, dan kepenulisan (3) Hasil dari penerapan strategi dalam menumbuhkan literasi pada mata pelajaran SKI diantaranya: sikap senang dan ceria, keterlibatan siswa dalam berliterasi saat pembelajaran SKI, bersemangat dan selalu tertarik untuk berliterasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Putri EkaRahmamawatii085@gmail.com06040120095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Belajar
Guru
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Strategi Guru; Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Eka Rahmawati
Date Deposited: 22 Nov 2024 01:15
Last Modified: 22 Nov 2024 01:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74336

Actions (login required)

View Item View Item