This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fadila, Fitria Nur (2024) Pendampingan komunitas Sapa Mama dalam pemasaran produk makanan olahan UMKM di Desa Rejoso Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Fitria Nur Fadila_04020220035 full.pdf Restricted to Repository staff only until 6 December 2027. Download (4MB) |
|
Text
Fitria Nur Fadila_04020220035.pdf Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang proses pendampingan yang dilakukan kepada kelompok Sapa Mama Desa Rejoso sebagai upaya untuk membantu meningkatkan pemasaran produk UMKM Desa Rejoso. Dalam penelitian ini berisikan tentang bagaimana strategi pemasaran yang sebelumnya hanya dilakukan dengan cara yang biasa lalu beralih menggunakan media sosial website untuk membantu memperluas pemasaran produk UMKM Desa Rejoso. Peneliti menerapkan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang berfokus pada pemanfaatan aset dan potensi lokal sebagai landasan pemberdayaan dalam menciptakan perubahan sosial. Langkah-langkah 5-D dalam Apreciative Inquiry digunakan, dimulai dari Discovery untuk menemukan dan mengungkap aset dan potensi, Dream untuk merancang strategi berdasarkan mimpi yang telah dibangun, Design untuk menyusun rencana aksi dari strategi yang dirancang, Define untuk melaksanakan aksi, dan Destiny untuk melakukan monitoring dan evaluasi. Strategi pengembangan aset, seperti produk UMKM, untuk membuat inovasi baru pada pemasarannya untuk menambah hasil pendapatan pemilik UMKM Desa Rejoso. Hasil dari pendampingan ini adalah meningkatnya pengetahuan dari kelompok sapa mama perihal metode dan strategi pemasaran untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM. Dalam mewujudkan hal tersebut, anggota sapa mama belajar untuk menguasai media sosial serta website Desa untuk sarana pemasaran produk UMKM di sosial media.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Industri RumahTangga Pemasaran Pemberdayaan |
||||||||
Keywords: | Komunitas Sapa Mama; pemasaran produk; makanan olahan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||||
Depositing User: | Fitria Nur Fadila | ||||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2024 06:56 | ||||||||
Last Modified: | 06 Dec 2024 06:56 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74544 |
Actions (login required)
View Item |