دور هيئات الرقابة الشرعية في جودة الخدمات المصرفية في المصارف الإسلامية (دراسة على فروع مصرف الجمهورية بمدينة الخمس)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

El Hussan, Ahmed Farag Rajab (2023) دور هيئات الرقابة الشرعية في جودة الخدمات المصرفية في المصارف الإسلامية (دراسة على فروع مصرف الجمهورية بمدينة الخمس). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmed Farag Rajab El Hussan_F43319049 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ahmed Farag Rajab El Hussan_F43319049 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2027.

Download (3MB)

Abstract

Ide penelitian: Dewan Pengawas Syariah di bank syariah merupakan badan yang bertanggung jawab atas kontrol kualitas layanan perbankan yang diberikan oleh bank kepada klien dan pelanggan. Mempelajari aspek-aspek ini dan memperjelas peran Dewan Syariah dalam kualitas adalah hal yang sangat penting dalam aspek yang diwakili dalam mendefinisikan standar kualitas dan bagaimana menerapkan dan mengembangkannya, mengungkapkan kesulitan mereka dan mengatasinya. Hal ini diterapkan di cabang Bank Nasional di kota Al-Khums, Libya. Pertanyaan penelitian: Bagaimana standar kualitas layanan perbankan syariah di Bank Nasional? Bagaimana peran DPS dalam mencapai kualitas layanan perbankan di Bank Nasional? Bagaimana kendala yang dihadapi oleh manajemen Bank Nasional menjadi kendala dalam pencapaian kualitas layanan perbankan syariah, dan bagaimana cara mengatasinya?. Metodologi Penelitian: Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan alat pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumen, dan sumber data adalah cabang Bank Nasional di kota Al-Khums, Libya selama tahun 2020 dan 2021. Hasil penelitian 1) bahwa standar kualitas perbankan syariah berasal dari Bank Sentral Libya, yang memberlakukan bank syariah untuk mengadopsi standar akuntansi dan audit, kontrol dan standar syariah untuk lembaga keuangan syariah yang dikeluarkan oleh Accounting Organization (AAOIFI). Bank baik, dengan kebutuhan untuk menambah mesin penukar bagi pelanggan, dan bahwa dalam hal standar respon dan standar pelayanan, mereka lemah, dan dalam hal standar jaminan dan layanan pelanggan dan nasabah, mereka bagus, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak dukungan. 2) Dewan Pengawas Syariah di bank beroperasi dari manajemen utama, bukan dari cabang, dan melakukan pekerjaannya sesuai dengan kontrol yang dikeluarkan oleh Bank Sentral Libya, dan telah menetapkan kontrol untuk mengambil alih anggotanya, dan tidak ada departemen kualitas di cabang, serta tidak ada unit yang mewakili dewan syariah di cabang, dan ini menyebabkan lemahnya pekerjaan pengawasan syariah di cabang. 3) Bahwa terdapat kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh manajemen Bank Nasional di lima cabangnya dalam mencapai kualitas layanan perbankan syariah, yang terpenting adalah kurangnya unsur-unsur perbankan syariah yang mumpuni dan berkualitas, Lemahnya peran DPS dan komunikasi dengan cabang untuk mengembangkan program yang berkualitas, dan kurangnya keragaman produk perbankan syariah, untuk mengatasi kesulitan bahwa departemen kualitas khusus untuk layanan perbankan syariah di cabang, dan pembentukan unit yang mewakili Dewan Pengawas Syariah di cabang-cabang, pengembangan personil yang bekerja di bank, dan peningkatan berkelanjutan layanan dan perangkat elektronik yang digunakan oleh manajemen bank. Implikasi dari teori: pentingnya memiliki pengawas syariah dan departemen berkualitas yang mengkhususkan diri dalam transaksi dan layanan yang sesuai syariah di setiap cabang bank yang berhubungan dengan perbankan syariah, dan itu tidak cukup untuk apa yang diterima oleh bank syariah. cabang dari pemerintah pusat atau bank sentral, dan pekerjaan itu harus dilakukan untuk mengimplementasikan konsep ini dan realisasinya setelah mempelajarinya dari segi biaya dan kemampuan, dan dalam konteks rencana yang spesifik dan komprehensif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
El Hussan, Ahmed Farag Rajab4491942taha@gmail.comF43319049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA. Zahro, A. Zahro--2007065501
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Keywords: Bank; Bank islam; Bank sayriah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:29
Last Modified: 09 Dec 2024 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74568

Actions (login required)

View Item View Item