Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook untuk meningkatkan interaktivitas pembelajaran pada materi pentingnya musyawarah dalam kehidupanku mata pelajaran PKn Kelas V Di Minu Waru 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfiyah, Rara (2024) Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook untuk meningkatkan interaktivitas pembelajaran pada materi pentingnya musyawarah dalam kehidupanku mata pelajaran PKn Kelas V Di Minu Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rara Luthfiyah_06040721114.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Rara Luthfiyah_06040721114_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2027.

Download (7MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan hal yang penting untuk mendukung proses belajar mengajar di kelas. Penggunaan bahan ajar dapat memperbaiki kualitas pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi pada peserta didik di kelas V-D MINU Waru 1 Sidoarjo mengalami peningkatan interaktivitas saat pembelajaran Materi Pentingnya Musyawarah dalam Kehidupanku Mata Pelajaran Pkn menggunakan bahan ajar berbasis flipbook. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar berbasis flipbook. (2) mendeskripsikan kevalidan hasil pengembangan bahan ajar berbasis flipbook. (3) mendeskripsikan kepraktisan hasil pengembangan bahan ajar berbasis flipook. (4) mendeskripsikan efektifitas hasil pengembangan bahan ajar berbasis flipbook. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) untuk menghasilkan produk tertentu serta menguji kevalidan, kepraktisan dan kefektifannya. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), and Evaluation (evaluasi). Instrumen untuk mengumpulkan data yang digunakan peneliti yaitu catatan lapangan, lembar validasi, angket, dan lembar observasi peningkatan interaktivitas peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjuukan, bahwa validitas bahan ajar berbasis flipbook menurut ahli media mendapatkan persentase validitas sebesar 80% dalam kategori valid. Sedangkan oleh ahli materi mendapatkan persentase validitas sebesar 92% dalam kategori sangat valid. Untuk kepraktisan bahan ajar menurut guru kelas V-D mendapat persentase sebesar 93,33% dan masuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan menurut peserta didik kelas V-D mendapatkan persentase 81,43% masuk dalam kategori sangat praktis. Untuk keefektifan penggunaan bahan ajar berbasis flipbook dapat memberikan peningkatan terhadap interaktivitas peserta didik materi “Pentingnya Musyawarah dalam kehidupanku” kelas V-D dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t-test yaitu nilai sig.0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis flipbook dapat meningkatkan interaktivitas peserta didik di kelas V-D di MINU Waru 1 Sidoarjo. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan N-gain sebesar 60,8%, efektivitas bahan ajar ini masuk dalam kategori cukup efektif dalam meningkatkan interaktivitas pembelajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfiyah, Rararaluthfiyah@gmail.com06040721114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsa.ac.id2010097301
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Kewarganegaraan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; flipbook; pembelajaran PKn
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rara Luthfiyah
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:03
Last Modified: 27 Dec 2024 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74812

Actions (login required)

View Item View Item