Pengaruh kecerdasan emosional, motivasi belajar dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi: studi pada mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohma, Anis Zulifatur (2024) Pengaruh kecerdasan emosional, motivasi belajar dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi: studi pada mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Zulifatur Rohma_08010220002 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anis Zulifatur Rohma_08010220002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman akuntansi merupakan salah satu topik yang penting untuk diteliti karena bisa menjadikan mahasiswa lebih siap dan kompeten dalam menghadapi tantangan di dunia kerja. Dengan pemahaman yang baik dalam akuntansi, mahasiswa akan mampu menganalisis laporan keuangan, mengevaluasi kinerja perusahaan serta mampu dalam membuat keputusan bisnis yang tepat. Terdapat tiga faktor yang diyakini memiliki dampak terhadap pemahaman akuntansi, diantaranya: kecerdasan emosional, motivasi belajar dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kecerdasan emosional, motivasi belajar dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif prodi akuntansi angkatan 2020 di Perguruan Tinggi Negeri Surabaya dengan jumlah 748 mahasiswa. Jumlah sampel pada penelitian ini yakni 100 responden, yang diperoleh melalui metode probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data yang diperoleh dari kuesioner diolah dengan software SPSS versi 26 untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (3) minat belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada peneliti selanjutnya, diharapkan untuk tetap meneliti variabel yang tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi yaitu variabel kecerdasan emosional, dengan harapan agar variabel tersebut dapat membawa pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohma, Anis Zulifaturaniszulifatur@gmail.com08010220002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nurulnurullathifah.febiuinsa@gmail.com0728058901
Subjects: Akuntansi
Pendidikan
Keywords: Kecerdasan emosional; Motivasi belajar; Minat belajar; pemahaman akuntansi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Anis Zulifatur Rohma
Date Deposited: 30 Dec 2024 02:14
Last Modified: 30 Dec 2024 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74862

Actions (login required)

View Item View Item