This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Iskhak, Zahrotul Ilmiyah (2024) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbasis ideal problem solving ditinjau dari hasil belajar dan gender. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Zahrotul Ilmiyah Iskhak_D74217094 full.pdf Restricted to Repository staff only until 31 December 2027. Download (9MB) |
|
Text
Zahrotul Ilmiyah Iskhak_D74217094.pdf Download (9MB) |
Abstract
Salah satu topik dalam pembelajaran matematika adalah geometri, seperti Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD). Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan BRSD. Hal ini dikarenakan kemampuan pemecahan masalah matematis sistwa Indonesia yang masih tergolong rendah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang diambil 6 siswa kelas IX SMP Tamaddun Afkar. Subjek tersebut terdiri dari 2 siswa dengan hasil belajar tinggi, 2 siswa dengan hasil belajar sedang, dan 2 siswa dengan hasil belajar rendah, dimana masing-masing terdapat 1 gender perempuan dan 1 laki-laki. Data dikumpulkan melalu tes tulis dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar tes dan pedoman wawancara. Data tes tulis dan wawancara dipaparkan, dikondensasi dan dianalisis dengan menyesuaikan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis IDEAL Problem Solving. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan dan laki-laki yang memiliki hasil belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator pada IDEAL Problem Solving, yakni pada tahap identify problem, define goal, explore possible strategies, anticipate outcome and act, dan look back and learn; 2)Kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan dan laki-laki yang memiliki hasil belajar sedang mampu memenuhi hampir semua indikator, kecuali indikator Explore possible strategies yaitu mempunyai beberapa strategi serta look back and learn pada saat mengoreksi kembali; 3) Kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan dan laki-laki yang memiliki hasil belajar rendah hanya sampai pada tahapan define goal. Mereka belum mampu menentukan strategi yang tepat untuk menyelesaikan soal yang telah diberikan; 4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika baik siswa laki-laki maupun perempuan. Namun berdasarkan jawaban pada lembar tes dan wawancara, siswa perempuan cenderung menyelesaikan permasalahan dengan detail dan terperinci dibandingkan siswa lakilaki.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||||||
Keywords: | Pemecahan masalah; IDEAL Problem solving; gender; hasil belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Zahrotul Iskhak | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Dec 2024 07:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Dec 2024 07:46 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74893 |
Actions (login required)
View Item |