This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khoiriyah, Mustaufiyatul (2024) Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan memahami unsur paragraf kelas IV-A MI Mamba'ul Ulum Bedanten Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mustaufiyatul Khoiriyah_06020721054 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Mustaufiyatul Khoiriyah_06020721054 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 31 December 2027. Download (8MB) |
Abstract
Bahan Ajar menjadi hal yang sangat dibutuhkan sebagai perangkat penunjang kegiatan pembelajaran. Penggunaan bahan ajar dapat memperbaiki kualitas pembelajaran dengan tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi peserta didik kelas IV-A MI Mamba’ul Ulum Bedanten lebih termotivasi saat pembelajaran unsur paragraf menggunakan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk Mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) untuk menghasilkan produk tertentu serta untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Metode penelitian yang dilakukan penulis menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), and Evaluation (evaluasi). Instrumen untuk mengumpulkan data yang digunakan yaitu, lembar validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa validitas Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal menurut validator ahli media mendapatkan persentase validitas sebesar 79,15% dalam kategori valid. Sedangkan oleh ahli materi mendapatkan rata-rata total validitas sebesar 90% dalam kategori sangat valid. Untuk kepraktisan bahan ajar menurut guru Bahasa Indonesia kelas IV-A mendapatkan persentase sebesar 90% dan masuk dalam kategori Sangat praktis. Sedangkan menurut peserta didik kelas IV-A mendapatkan persentase sebesar 88% masuk dalam kategori Sangat praktis. Untuk keefektifan penggunaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal dapat memberikan pengaruh dan peningkatan terhadap hasil belajar materi unsur paragraf peserta didik kelas IV-A dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil uji N-gain sebesar 0,4 yang artinya terdapat pengaruh berupa peningkatan antara data nilai pre-test dengan data nilai post-test.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Indonesia Adat |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar; Kearifan Lokal; Bahasa Indonesia; Unsur Paragraf. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Khoiriyah Mustaufiyatul Khoiriyah Riya | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Dec 2024 02:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Dec 2024 02:11 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74900 |
Actions (login required)
View Item |